Beranda Nasional Hari Ini, DPR Akan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Tunggal Kapolri

Hari Ini, DPR Akan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Tunggal Kapolri

Komjen Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Komisi III akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Wakil Ketua Ahmad Sahroni mengatakan, uji kelayakan akan digelar dua sesi yakni mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB pemaparan makalah. Lalu, dilanjutkan pada pukul 14.00-16.30 WIB sesi pendalaman dari Komisi III.

“Makalah yang dibuat untuk paparan besok saat fit and proper test mulai jam 10 sampai jam 12 paparan dari Cakapolri habis itu kita isoma jam 2 lanjut lagi sampai 16.30 itu adalah pendalaman,” kata Sahroni yang dikutip Kompas.com, Rabu (20/1/2021).





“Tapi kita liat situasional bisa 2 sesi bisa 1 kali sesi saja, tergantung Cakapolri menyampaikan paparannya,” sambungnya.

Sahroni mengatakan, tidak ada persiapan khusus untuk uji kelayakan calon tunggal Kapolri.

Ia mengatakan, Komisi III akan melihat pemaparan Calon Kapolri terhadap makalah yang sudah diserahkan ke DPR RI.

“Kita liat nanti cakapolri memberikan paparan hal makalah yang sudah dibuat, untuk kami dalami lebih dalam untuk komitmen Cakapolri kedepan, komitmen penegakan hukum dan memberikan rasa aman dan berkeadilan,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelum menggelar fit and proper test, Komisi III telah mengundang Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Nasional Kepolisian (Kompolnas) guna meminta masukan terkait transaksi keuangan Listyo Sigit dan karakternya. (Red)