Beranda Bisnis Hari Ini, BI Luncurkan Tujuh Pecahan Uang Kertas Baru

Hari Ini, BI Luncurkan Tujuh Pecahan Uang Kertas Baru

Pecahan uang kertas rupiah. (IST)

JAKARTA – Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia meluncurkan uang kertas rupiah tahun emisi 2022, hari ini.

“Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Republik Indonesia, di Negara Kesatuan Republik Indonesia, jadi sudah sepantasnya rupiah dihormati dan dibanggakan,” kata Menteri Sri Mulyani saat meluncurkan mata uang kertas rupiah.

Gubernur BI Perry Warjiyo yang juga ikut meluncurkan mata uang rupiah mengatakan peluncuran rupiah ini merupakan wujud nyata dan komitmen bersama untuk menyediakan mata uang yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat.

“Mari kita terus kobarkan optimis, semangat kebangsaan, dan komitmen untuk pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju,” kata Perry dicuplik dari Suara.com (jaringan BantenNews.co.id) Kamis (18/8/2022).

Tema uang kertas rupiah tahun emisi 2022 yaitu keragaman budaya dan kekayaan bangsa yang menyatu dalam simbol satu kedaulatan makna bagi persatuan Indonesia dan bentuk sepahamnya seluruh nusantara.

Tujuh pecahan uang rupiah kertas emisi tahun 2022 pada hari ini diterbitkan yaitu untuk pecahan Rp 1.000 hingga Rp 100 ribu.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim dan mengharapkan ridha Allah Yang Maha Kuasa. Saya Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan Sri Mulyani meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah diseluruh wilayah NKRI,” ujar Perry dicuplik dari Katadata.

Ia mengatakan, peluncuran uang kertas baru ini merupakan wujud nyata komitmen bersama untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat sebagai simbol pemersatuan bangsa. Perry juga mengajak masyarakat untuk mencintai, bangga, dan memahami rupiah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakaan, rupiah bukan sekadar mata uang. Rupiah menggambarkan perjalanan bangsa dan Negara Kesatuan RI.

ORI atau Oeang Republik Indonesia dilahirkan, disahkan, dan berlaku pada 30 oktober 1946, menurut dia, menandai babak baru Indonesia yang baru merdeka.

“Dalam setiap lembar rupiah, terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia. Sebuah motif dan spirit keberagaman dan kebersatuan. Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen kita semua,” kata dia.

Ia menegaskan, rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah. Dengan demikian, menurut dia, sudah semestinya rupiah dihormati dan dibanggakan oleh masyarakat Indonesia.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menetapkan delapan pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang kertas Indonesia tahun emisi 2022.

Ketetapan ini dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 yang diteken pada 6 Juli. Berikut keputusannya:

1. Gambar pahlawan nasional Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs Mohammad Hatta sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp100 ribu.

2. Gambar pahlawan nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp50 ribu.

3. Gambar pahlawan nasional Dr. G.S.S.J Ratulangi sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp20 ribu.

4. Gambar pahlawan nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp10 ribu.

5. Gambar pahlawan nasional D.r. K.H. Idham Chalid sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp5.000.

6. Gambar pahlawan nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp2.000.

7. Gambar pahlawan nasional Tjut Meutia sebagai gambar utama pada bagian depan pada rupiah pecahan Rp1.000.

(Red)