Beranda Bisnis Hari Batik Nasional, Pemkab Serang-Angkasa Pura II Kampanyekan Batik di Bandara Soetta

Hari Batik Nasional, Pemkab Serang-Angkasa Pura II Kampanyekan Batik di Bandara Soetta

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bersama Angkasa Pura II mengkampanyekan batik khas Kabupaten Serang di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta - foto istimewa

KAB. SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bersama Angkasa Pura II mengkampanyekan batik khas Kabupaten Serang di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Senin (3/10/2022). Kegiatan itu dilakukan untuk memperingati Hari Batik Nasional.

Dalam acara tersebut juga disajikan tempat membatik bagi para pengunjung. Ada tiga tempat yang dipakai untuk memamerkan berbagai produk batik khas Kabupaten Serang termasuk yang dibuat melalui metode ecoprint yakni metode batik yang menggunakan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun.

“Alhamdulillah, kegiatan ini merupakan wujud kebanggaan kita terhadap batik Indonesia. Sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan dan terus berinovasi mengembangkan berbagai motif batik, terutama batik khas Kabupaten Serang,” ujar Tatu pada Senin (3/10/2022).

Sekadar diketahui, politisi Golkar ini telah menggagas batik khas Kabupaten Serang dan tercipta 12 batik yang bekerja sama dengan Rumah Batik Komar yakni motif Bendungan Pamarayan, Gandaria atau Jatake, Gerabah Bumi Jaya, Karangbolong, Mercusuar Cikoneng, Burung Paok Pancawarna dan Jamblang, Pencak Silat dan Golok, Pulau Sangiang, Rawa Danau dan Elang Jawa, Buah Jamblang, Pulau Tunda, serta Pencak Silat Ornamen Gerabah.

“Melalui kegiatan ini, menjadi ajang untuk mengenalkan 12 motif batik khas Kabupaten Serang. Agar lebih dikenal masyarakat luas dan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Serang. Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap Angkasa Pura II yang memberikan kesempatan kepada kami,” kata Tatu.

Dalam kerjasama tersebut, Pemkab Serang dengan Bandar Soetta akan lebih luas lagi, untuk mendukung ekonomi masyarakat Kabupaten Serang diantaranya akan disediakan spot atau display di beberapa tempat di Bandara Soetta yang nantinya akan dimanfaatkan untuk memamerkan sejumlah produk UMKM serta kampanye pariwisata Kabupaten Serang.

”Pihak Angkasa Pura II mempersilakan Pemerintah Kabupaten Serang untuk mempromosikan wisata di Bandara Soekarno-Hatta. Ini kesempatan kita untuk memulihkan ekonomi pasca Covid-19. Kita gerakan lagi ekonomi UMKM. Kita ajak lagi wisatawan daerah dan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Serang,” jelas Tatu.

Pihak PT Angkasa Pura II melalui Senior Manager of Terminal Service and Facility Terminal 2, Heru Karyadi mengatakan mendukung penuh program Pemkab Serang dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui sektor UMKM dan pariwisata.

“Promosi dua sektor tersebut bisa disajikan di beberapa lokasi Terminal 2 Bandara Soetta,” ujar Heru. (Nin/Red)