Beranda Kesehatan Hari AIDS, Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Ikuti Tes Sukarela

Hari AIDS, Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Ikuti Tes Sukarela

316
0
Warga binaan Rutan Rangkasbitung ikuti VCT. (Ali/bantennews)

LEBAK – Dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia, sebanyak 50 orang warga binaan Rutan Klas IIB Rangkasbitung mengikuti kegiatan voluntary counselling and testing   (VCT) di Ruang Aula Pembinaan, Rabu (4/12/2019). VCT bisa diartikan sebagai konseling dan tes HIV sukarela (KTS). Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, serta pengobatan bagi penderita HIV/AIDS.

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dan Puskesmas Rangkasbitung untuk memberikan layanan kesehatan guna memastikan kesehatan seluruh warga binaan dan mencegah terjadinya penyebaran HIV/AIDS di rutan, serta memberi pengetahuan tentang manfaat diselenggarakannya VCT.

“Jadi langkahnya kita berikan sosialisasi dulu, selanjutnya dilakukan pra konseling, wwrga binaan melakukan face to face diwawancara history kehidupan dan kesehatanya. selanjutnya dilakukan pengambilan sampel darah untuk tes HIV/AIDS. Hasilnya bisa diketahui langsung jika ada yang positif, maka akan diadakan pasca konseling, namun tadi Alhamdulillah seluruhnya hasilnya negatif,” kata Dokter Rutan Rangkasbitung, dr. Nurcholida.

Ia juga mengapresiasi sinergitas tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupten Lebak dan Puskesmas Rangkasbitung untuk melaksanakan kegiatan VCT dan memberikan layanan kesehatan gratis bagi warga binaan di Rutan Rangkasbitung.

Sementara salah satu warga binaan pemasyarlatan (WBP) mengaku gugup saat awal mengikuti VCT. Namun ia senang bisa mendapatkan penyuluhan HIV/AIDS sehingga bisa lebih mengetahui, dan menjadi mawas diri terhadap penyakit tersebut. “Semoga kami bisa terus menjaga kesehatan, ” katnya

(Ali/red)