Beranda Gaya Hidup Hargai Waktu, Buang Rasa Malas yang Menghambat Impianmu

Hargai Waktu, Buang Rasa Malas yang Menghambat Impianmu

96
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Ada berapa banyak kesempatan yang terlewatkan karena kamu diselimuti rasa malas setiap hari? Sesekali enggan melakukan sesuatu karena lelah dan hanya ingin tiduran di rumah sih, gak apa-apa.

Tapi kalau terlalu sering, bisa-bisa bikin cita-cita yang kamu impikan sejak dulu jadi gak tercapai, lho. Jangan biarkan rasa malas terus menyelimutimu, yuk. Lakukan 5 cara sederhana ini agar kamu bisa melawannya dan menjadi lebih produktif.

1. Cari tahu penyebab rasa malasmu

Apa tugas yang harus kamu kerjakan membosankan atau mungkin kamu merasa lelah? Kamu gak akan bisa menemukan solusi rasa malasmu jika gak tau penyebabnya. Dengan mengetahui alasan di balik kebiasaan ingin menunda-nunda, kamu bisa mencari cara buat mengatasinya. Mungkin kamu bisa mengkombinasikan pekerjaan yang monoton dengan yang funsupaya gak bosan.

2. Tentukan tujuan yang ingin kamu capai

Memiliki tujuan akan memberikanmu arahan. Jangan salah mengartika frasa menjalani hidup seperti air mengalir, karena air pun punya tujuan yakni bermuara di lautan. So, set your goals. Caranya kamu bisa menerapkan teknik yang dikemukakan sama Tony Robins ini. Tulis cita-citamu 5 atau 10 tahun ke depan, setelah itu putar balik ke masa kini dan tentukan langkah apa yang harus dilakukan agar tujuanmu itu tercapai.

3. Mulailah sebuah rutinitas

Setelah tahu apa yang harus kamu kerjakan, tahap selanjutnya adalah melakukannya sebagai sebuah rutinitas entah itu kamu menyukainya atau enggak. Yup, meski kamu gak suka bangun pagi buat pergi kuliah, kamu harus tetap melakukannya agar bisa cepat lulus. Selain bikin kamu konsisten, cara ini juga melatih rasa kedisiplinan kamu, lho.

4. Pecah tugasmu menjadi pekerjaan yang lebih sederhana

Kadang tugas yang terlalu besar membuat kita takut dan ujungnya gak ngelakuin apapun buat menyelesaikannya. Buat mengakali hal ini, kamu bisa memecah tugas tersebut ke dalam bagian yang lebih reasonable buat dikerjakan. Dengan begitu kamu gak akan merasa terbebani saat mengerjakan pekerjaanmu, kan?

5. Kelilingi dirimu sama orang-orang yang produktif

Ada peribahasa berbunyi, kamu adalah dengan siapa kamu berteman. Nah, ayo dilihat lagi sehari-hari kamu bergaul sama siapa? Kalau sekelilingmu orang yang gak punya visi dan malas-malasan, sudah saatnya berganti lingkungan, nih. Carilah kawan yang bisa turut mendorongmu maju, bukan yang hanya stuck di titik itu aja.

Beristirahat sejenak agar pikiran kembali fresh tentu merupakan hal yang wajar. Tapi jangan keterusan, ya. Karena takutnya lama-lama malah jadi kebiasaan menunda sesuatu yang akhirnya membuat potensimu gak berkembang. So, yuk, manfaatkan waktumu sebaik mungkin. (Red)

Sumber : rimma.co