Beranda Bisnis Harga Tomat dan Bawang Meroket di Pasar Rangkasbitung

Harga Tomat dan Bawang Meroket di Pasar Rangkasbitung

Salah seorang pedagang sayur di Pasar Rangkasbitung.

LEBAK – Pasca Lebaran harga beberapa komoditi sayuran di Pasar Rangkasbitung melambung tinggi. Seperti contohnya harga tomat, bawang merah dan bawang putih masih mengalami kenaikan.

Meti, salah seorang pedagang sayur di Pasar Rangkasbitung mengatakan, saat ini harga tomat Rp 40 ribu perkilogram, bawang merah Rp 80 ribu perkilogram, dan bawang putih Rp 48 ribu perkilogram. Kenaikan harga tersebut sudah berlangsung sebelum Lebaran.

“Kenaikan harga bawang dan tomat merupakan yang tertinggi untuk pertama kali di tahun 2024,” kata Meti saat ditemui dilapak dagangannya, Rabu (17/4/2024).

Ia mengungkapkan, harga tomat semula Rp 15.000 naik menjadi Rp 40.000 per kilogram, harga bawang putih semula Rp 30.000 naik menjadi 48.000 per kilogram, bawang merah semula Rp 25.000 naik menjadi Rp 80.000 per kilogram.

“Kalau untuk cabai harganya turun rata-rata Rp40.000 per kilogram, yang paling mahal mah ya tomat sama bawang,” ujarnya.

Ia menambahkan, kenaikan harga tersebut diakibatkan stoknya yang kurang sehingga harganya mengalami kenaikan.

“Stoknya terbatas tapi permintaan tinggi, selain itu banyak petani juga yang mudik, sehingga pemasok berkurang,” imbuhnya.

Sementara itu, Nining, warga Rangkasbitung mengatakan, jika dirinya sangat keberatan dengan kenaikan beberapa komoditi sayuran. Harga saat ini terlalu mahal disaat kondisi masyarakat sedang sulit, karena bahan pokok serba mahal.

“Jelas ini sangat memberatkan kami kaum ibu-ibu. Mudah-mudahan harga-harga yang naik bisa kembali stabil,” ucapnya. (San/Red).

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini