Beranda Olahraga Harga Tiket Indonesia vs Argentina Dinilai Mahal, PSSI Beri Penjelasan

Harga Tiket Indonesia vs Argentina Dinilai Mahal, PSSI Beri Penjelasan

Timnas Argentina dan Timnas Indonesia - foto istimewa

JAKARTA – Tiket Timnas Indonesia vs Argentina dalam FIFA Matchday Juni 2023 dipatok PSSI dengan harga yang relatif tinggi. Namun, hal itu disebut sudah sesuai dengan riset pasar yang dilakukan.

PSSI telah resmi merilis jumlah, harga dan kapan tiket Timnas Indonesia vs Argentina bisa dibeli dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, pada Senin (29/5/2023).

Terdapat empat kategori tiket yang disediakan untuk pertandingan yang akan berlangsung di SUGBK, Senayan pada 19 Juni mendatang tersebut.

Kategori 3 atau termurah dijual dengan harga Rp600 ribu, disusul berturut-turut Kategori 2, Kategori 1 dan VIP Barat dan Timur yang dipatok Rp1,2 juta, Rp2,5 juta dan Rp4,25 juta.

Jika dibandingkan harga tiket FIFA Matchday sebelumnya kontra Burundi, PSSI cuma mematok tiket termurah Rp90 ribu alias berkali-kali lipat lebih rendah.

Menurut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun buka suara terkait keputusan PSSI mematok harga cukup tinggi untuk tiket Timnas Indonesia vs Argentina.

Menurutnya, sudah seharusnya pertandingan olahraga yang melibatkan Timnas Indonesia untuk dipatok dengan harga tinggi. Dia tak mau event olahraga kalah dari acara hiburan.

Menurut Erick, hal itu penting dilakukan lantaran pertandingan yang melibatkan Timnas Indonesia kental dengan rasa nasionalisme serta pemasukan dari penjualan tiket juga bisa membantu membangun perkembangan tim nasional.

“Coba lihat laga olahraga di dunia, tiket Piala Dunia lebih mahal dari konser apa pun, tapi kita tentu bertahap,” kata Erick Thohir dalam konferensi pers, Senin (29/5/2023).

“Saya juga ingin mengetuk, jangan selalu ketika membawa event olahraga besar, selalu kalah saing dengan entertainment. Kalau olahraga ini kan ada nasionalismenya dan ini bagian dari membangun timnas. Jadi mestinya secara value, harusnya lebih mahal.”

Menurut Erick, penting bagi PSSI memiliki rencana strategis yang tepat. Dia ingin penyelenggaraan FIFA Matchday terutama yang melibatkan negara-negara besar bisa menghadirkan keuntungan bagi PSSI alih-alih merugi.

“Dengan pendapatan tiket yang affordable, baik pemasukan dari media, hingga sponsor, saya rasa target bisa ada profit. Supaya jangan dibiasakan tidak bisa membawa pertandingan besar lagi. Nanti jadi kapok kalau merugi. Hanya akan jadi mimpi,” tegas Erick dikutip dari laman resmi PSSI.

Selain menghadapi Argentina, Timnas Indonesia dijadwalkan lebih dulu melawan Palestina dalam FIFA Matchday Juni 2023 tepatnya pada 14 Juni di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini