Beranda Bisnis Harga Cabai di Pasar Badak Pandeglang Melonjak Naik

Harga Cabai di Pasar Badak Pandeglang Melonjak Naik

606
0

PANDEGLANG – Harga cabai merah dan cabai rawit di Pasar Badak Pandeglang mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut hingga 4 kali lipat dari harga normal.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Badak Pandeglang, Nengsih (45) menuturkan, harga cabai sudah mengalami kenaikan sekitar seminggu lalu. Jika sebelumnya harga cabai rawit hanya Rp18.000 hingga Rp20.000 perkilogram kini harganya mencapai Rp75.000 perkilogram.

“Harga cabai merah perkilogram Rp68.000, kalau cabai rawit kemarin sampai Rp75.000 perkilogram, kalau harga normal seperempat paling Rp5.000 perkilogram kalau lagi banyak ini lagi kosong katanya,” ucap Nengsih sambil melayani pelanggan, Jumat (19/7/2019).

Menurut Nengsih kenaikan harga tersebut berimbas pada penjualan dagangannya, kemungkinan kenaikan harga ini dipengaruhi karena kekurangan stok di agen besar dan faktor cuaca.

“Ini naiknya sudah semingguan melonjaknya, kayanya dari sana (produsen,red) kurang, kayanya karena cuaca panas. Tapi kalau tomat harganya turun,” terangnya.

Kenaikan harga itu juga dialami oleh pedagang cabai di Pasar Labuan. Fajar, pedagang sayur di Labuan. Ia memperkirakan, kenaikan harga cabai diduga akibat kemarau panjang, dimana banyak petani cabai gagal panen akibat tanaman mati yang berdampak pada stok pengiriman ke tingkat agen dan pedagang yang berkurang drastis.

“Harga cabai rawit naik dari Rp50.000 perkilogram menjadi Rp80.000 perkilogram. Yang naik cuma cabai, yang lain tidak naik tapi masih terbilang mahal,” terangnya. (Med/Red)