Beranda Peristiwa Harga Bawang Merah di Pasar Rau Capai Rp80 Ribu

Harga Bawang Merah di Pasar Rau Capai Rp80 Ribu

Pedagang sembako di Pasar Induk Rau. (Audindra/bantennews)

SERANG– Harga bawang merah di Pasar Rau mengalami kenaikan pasca lebaran. Kenaikan tersebut hanya terjadi pada bawang merah, untuk beberapa komoditas lainnya malah alami penurunan harga.

Salah satu pedagang sayur dan rempah di Pasar Rau, Julaeha menuturkan harga bawang merah naik menjadi Rp80 ribu per kilogram. Padahal, sebelum hari raya Idul Fitri harga bawang merah hanya sekitar Rp40-45 ribu per kilogram.

“(Penyebabnya) Barangnya kosong di sananya ga ada pengiriman barang dari petaninya,” kata Julaeha, Rabu (17/4/2024).

Sedangkan untuk komoditas rempah lainnya yang mengalami penurunan harga yaitu tomat setelah sebelumnya mencapai Rp45 ribu per kilogram kini harganya Rp25 ribu per kilogram. Kemudian bawang putih masih di harga normal yaitu Rp45 ribu per kilogram dan berbagai jenis cabai juga masih tetap di harga normal sekitar Rp35-45 ribu.

“kalau harga kan bisa naik turun ga nentu besok bisa murah bisa turun. Sekarang yang emang lagi mahal bawang merah,” imbuhnya.

Pedagang nasi goreng, Aminah mengatakan dirinya cukup kerepotan dengan harga bawang merah yang melonjak. Pasalnya, bumbu dagangannya mayoritas memakai rempah dengan porsi besar.

“Namanya makanan Padang pasti rempahnya banyak apalagi bawang-bawangan. Ya cukup kerepotan kalau harganya ga turun-turun,” ujarnya

(Dra/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini