Beranda Sosial Harfa Rescue Menembus Banjir Bandang dan Longsor Citorek

Harfa Rescue Menembus Banjir Bandang dan Longsor Citorek

Foto istimewa

LEBAK – Intensitas curah hujan yang tinggi sejak Jum’at (6/12/2019) mengakibatkan Sungai Ciusul meluap dan menyebabkan banjir bandang dan longsor di daerah Citorek, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak.

Ata, Sekretaris Desa Citorek Kidul mengungkapkan hujan memang deras sekali sehingga sungai Ciusul meluap dan menyebabkan banjir bandang dan longsor ini. “

Sampai saat ini di kampung ini ada sekitar 2 rumah yang terbawa arus dan 9 orang yang diduga hilang tertimbun tanah longsor,” ujarnya, Sabtu (7/12/2019).

Atas kejadian tersebut, Tim Harfa Rescue respon cepat dan langsung terjun ke lokasi di Kampung Panggeleseran RT/RW 001/001 Desa Citorek Timur Kec. Cibeber Kab. Lebak untuk memberikan sejumlah bantuan pangan pada tanggap darurat ini, sehingga bisa membantu para penyintas selepas banjir yang menerjang tempat tinggal mereka.

Untuk membawa bantuan sampai ke lokasi, tim Harfa Rescue harus berjalan kaki dan menempuh jarak kurang lebih 2 km sampai lokasi, dimana motor dan mobil tidak dapat melewati jalan tersebut karena jalan penghubung antara Citorek Barat dan Citorek Kidul rusak parah.

Mamak Jamaksari, Direktur Program LAZ Harapan Dhuafa mengungkapkan timnya langsung turun ke lokasi untuk melihat dampak banjir bandang dan longsor yang terjadi di wilayah Citorek ini.

“Jalanan yang terjal dan berlumpur tentu tak mudah bagi kami sampai di titik lokasi, akan tetapi kami berusaha untuk terus menembus jalur banjir bandang dan longsor yang terjadi,”

“Kami telah memberikan sejumlah bantuan pangan untuk membantu meringankan beban dan duka para penyintas saat ini, tentu kebutuhan lainnya masih banyak yang mereka butuhkan. Selain itu, kami juga terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk bersinergi dalam penanganan bencana saat ini,” ujar Mamak.

Asmaja, salah satu masyarakat sekitar yang terkena banjir juga merasa masih tak percaya dengan adanya banjir bandang dan longsor ini, pasalnya selama Ia tinggal di Citorek baru kali ini merasakan banjir sebesar ini.

“Sedih pastinya ada banjir seperti ini, rumah dan sawah semuanya kebanjiran, jalanan juga rusak, kami masih butuh bantuan agar bisa tetap memenuhi kebutuhan, terima kasih Harfa sudah datang membantu kami,” ujar Asmaja saat ditemui di kediamannya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini