Beranda Pemerintahan Hanya 9 Persen Pelamar yang Lolos Seleksi CPNS, Pemkot Serang Akan Gelar...

Hanya 9 Persen Pelamar yang Lolos Seleksi CPNS, Pemkot Serang Akan Gelar Tes SKB

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

 

SERANG – Pelamar seleksi CPNS Kota Serang yang lolos pada tahap passing grade 1 dengan angka minimal ternyata hanya berjumlah 85 orang. Hal ini mengakibatkan, beberapa formasi lamaran kosong. Padahal idealnya Pemkot Serang membutuhkan 181 ASN baru. Oleh karena itu Pemkot Serang akan mengadakan Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Hal itu berdasarkan adanya Permenpan Nomor 61 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil Dalam Seleksi CPNS Tahun 2018 pada 19 November lalu, maka didapatkan tambahan peserta hingga mencapai jumlah
317 peserta. Mereka berasal dari peserta yang lolos dari sistem rangking..
“Yang lolos untuk passing grade 2 (dengan sistem perangkingan) itu sebanyak 232,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Serang Yoyo Wicahyono, Rabu (5/12/2018).

Terkait minimnya jumlah pelamar yang lulus di awal ujian, ia mengatakan, hal tersebut dikarenakan adanya harapan dari Menpan RB untuk menerima pegawai yang berkompetensi tinggi, sehingga menggunakan taraf internasional.
“Menpan ingin menjaring bibit unggul untuk PNS. Jadi wajar tingkat kesulitannya akan lebih, namun ternyata yang lulus di luar dari ekspektasi kita,” ujarnya.

Menurut Yoyo, 317 peserta tersebut akan berhak ikut Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yaitu tes selanjutnya untuk memenuhi formasi yang ada. Namun pihaknya mengaku, belum mendapatkan jadwal untuk pelaksanaan SKB tersebut.
“Nanti 317 tersebut untuk memenuhi kebutuhan 181 PNS Kota Serang,” jelas Yoyo.

Ia mengaku belum melihat lagi terkait formasi yang terbanyak pelamarnya, namun ia menjelaskan bahwa terdapat dua formasi yang tidak terisi, yaitu Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Dokter Spesialis Bedah.
“Nanti solusinya akan dikembalikan ke Menpan RB, dan untuk kepentingan RSUD Kota Serang, kita akan menggunakan tenaga kontrak,” ungkapnya.

Menurutnya, pengumuman yang lolos passing grade 1 dan passing grade 2 sudah diumumkan kemarin melalui website penerimaan seleksi CPNS yang ada.
“Kalau untuk jalur khusus honorer K2, kita belum lihat lagi. Pastinya sudah terpenuhi semua. Kalau lihat dari pelamar sebelumnya, memang yang lulusan dari PGSD yang terbanyak melamar. Tapi untuk yang lolosnya, kita juga belum lihat lagi,” ucapnya.(Dhe/Red).

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini