Beranda Peristiwa Hampir Sebulan Diculik, Bocah Perempuan Ditemukan di Dalam Gerobak Pelaku Saat Memulung...

Hampir Sebulan Diculik, Bocah Perempuan Ditemukan di Dalam Gerobak Pelaku Saat Memulung di Tangerang

Foto Korban penculikan yang ditemukan di Ciledug - foto istimewa

TANGERANG – Polisi mengungkap kronologi penangkapan Iwan Sumarno (42) alias Jacky atau Herman alias Yudi selaku pemulung yang diduga menculik anak perempuan bernama Malika Anastasya (6) di Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada 7 Desember 2022 lalu.

Kanit Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Gunarto menyebut pelaku ketika itu ditangkap di Ciledug, Kota Tangerang, malam ini saat sedang membawa korban di dalam gerobak.

“Kita tangkap di pinggir jalan tadi. Malika ada di dalam gerobak yang ditarik pelaku sambil memulung,” kata Gunarto melansir suara.com, Senin (2/1/2023) malam.

Gunarto memastikan kondisi korban dalam keadaan sehat. Korban rencananya akan dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk menjalin visum dan pemeriksaan psikologis.

“Akan kami bawa ke rumah sakit Kramat Jati untuk visum,” katanya.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menyebut Iwan merupakan residivis kasus pencabulan. Ketika itu dia divonis selama tujuh tahun.

“Setelah kami telusuri bahwa teenyata atas nama Iwan Sumarno pernah berperkara dengan divonis selama tujuh tahun atas perbuatan cabul,” kata Komarudin kepada wartawan, Senin (2/1/2023).

Dari hasil penyelidikan, lanjut Komarudin, diketahui kalau Iwan juga pernah diamankan warga tekait penggelapan sepeda motor. Peristiwa ini terjadi di Pademangan, Jakarta Utara.

“Kami juga mendapatkan informasi lagi bahwa orang dengan ciri-ciri yang sama pernah diamankan di RW 5, Pademangan terkait dengan kasus dugaan penggelapan motor itu fotonya jelas sekali,” ungkapnya.

Sebar Foto Terduga Pelaku

Pada 31 Desember 2022 lalu polisi telah merilis wajah Iwan. Komarudin meminta kepada masyarakat yang melihat pelaku dapat segera melapor.

“Minta bantuan kepada masyarakat jika melihat bisa melaporkan kepada kami atas nama Iwan Sumarno alias Jacky alias Herman alias Yudi,” kata Komarudin kepada wartawan, Sabtu (31/12/2022).

Sebagaimana diketahui terduga pelaku sempat menjual gerobaknya sebelum menculik korban. Kepada pembeli pelaku yang mengaku bernama Herman itu menjual gerobak seharga Rp400 ribu di Pasar Poncol, Jakarta Pusat.

“Gerobak itu kita temukan telah dijual oleh pelaku pagi hari sebelum kejadian. Dijual di Pasar Poncol seharga Rp400 ribu,” jelas Komarudin.

Pelaku juga sempat membawa korban ke sekitar Stasiun Kota. Informasi ini didapat dari sopir bajaj yang sempat mengantar pelaku dan korban.

Naik Bajaj

Video terkait dugaan peristiwa penculikan ini sempat diunggah akun Instagram @lensa_berita_jakarta hingga viral. Dalam video terlihat korban ikut bersama terduga pelaku menggunakan bajaj. Dalam keterangannya disampaikan terjadi pada Rabu (7/12/2022) lalu.

Ayah korban atas nama Tunggal menuturkan peristiwa dugaan penculikan ini terjadi ketika pelaku yang merupakan seorang pemulung mendatangi warung kopi miliknya. Pelaku, ungkap Tunggal, memang sudah sering mampir ke warungnya.

Sesaat setelah memesan kopi, pelaku sempat bertanya kepada orang tua korban apakah tersedia nasi dan lauk. Selanjutnya, pelaku membeli ayam goreng di sekitar lokasi yang ternyata diikuti oleh korban.

“Sesampainya di depan fried chicken pelaku menyetopkan bajaj, dan pelaku langsung bersama korban meninggalkan lokasi dengan menggunakan bajaj,” tulis akun tersebut, dikutip Jumat (16/12/2022).

Tunggal ketika itu melaporkan kasus dugaan penculikan ini ke Polres Metro Jakarta Pusat dan berharap anaknya dapat segera ditemukan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News