Beranda Pemerintahan Hampir 2 juta Kendaraan Melintas di Ruas Tol Tangerang-Merak Jelang Tahun Baru

Hampir 2 juta Kendaraan Melintas di Ruas Tol Tangerang-Merak Jelang Tahun Baru

Gerbang Tol Cikupa. (Ist)

SERANG – Sebanyak 1.989.168 kendaraan melintas di ruas jalan Tol Tangerang – Merak mulai KM 26 (Bitung) hingga KM 98,45 (Merak). Jumlah tersebut terjadi pada periode 18 – 29 Desember 2023 atau periode menjelang tahun baru 2024.

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, Uswatun Hasanah mengatakan, lalu lintas harian rata-rata (LHR) selama periode tersebut sekitar 168 ribu kendaraan melintas.

“LHR selama periode tersebut lebih tinggi sekitar 2% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022, atau naik sekitar 5% terhadap LHR normal,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (31/12/2023).

Disampaikan juga bahwa arus lalu lintas di ruas tol Tangerang Merak yang masuk lewat Gerbang Tol (GT) Cikupa sampai dengan 29 Desember 2023 tercatat sebanyak 635.448 kendaraan. Sebaliknya kendaraan keluar menuju Jakarta melalui GT Cikupa sekitar 600.020 kendaraan.

Arus lalu lintas yang memasuki Ruas Tol Tangerang – Merak, pada 2 hari terakhir masih didominasi kendaraan menuju ke arah Cilegon Timur dan Merak yang merupakan lalu lintas menuju lokasi wisata Anyar dan sekitarnya serta menuju Pelabuhan Bakauheni-Merak.

Astra Infra Toll road Tangerang-Merak juga mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Di mana pada tahun 2022 terdapat 44 kejadian sedangkan tahun ini turun menjadi 16 kejadian.

“Pada tahun 2023 ini upaya kami dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas, diantaranya dengan sudah ditambahkannya rambu dan marka keselamatan seperti speed reducer, warning lamp dan rambu-rambu lainnya di beberapa titik kritis, atau titik lelah, ” ujarnya.

Uswatun menambahkan dalam upaya mempercepat penanganan kecelakaan lalu lintas dan atau gangguan di jalan tol, pihaknya menempatkan 2 titik ambulans siaga dan nomor call center 24 jam yang siap membantu pengguna jalan di nomor 0254-207878 dan nomor bebas pulsa 08001777879.

“Partisipasi pengguna jalan juga sangat penting dalam rangka menekan kecelakaan lalu lintas di jalan tol, khususnya pada periode liburan Nataru ini pastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi prima untuk berkendara jarak jauh, istirahat 30 menit setiap berkendara 4 jam,” ujarnya.

Kemudian, terdapat 4 titik rest area di ruas Jalan Tol Tangerang-Merak yaitu di KM 43 dan 68 arah Merak dan KM 45 dan KM 68 arah Jakarta.

Astra Infra melalui kampanye NATARU CERIA mengimbau kepada pengguna jalan, untuk kenyamanan perjalanan liburan, pengguna jalan diminta untuk menghindari arus balik puncak liburan tahun baru yang diprediksi pada 2 Januari 2024 serta untuk kelancaran transaksi di gerbang tol pastikan saldo E-Toll mencukupi. (Dhe/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini