Beranda Kesehatan Hal yang Sebabkan Tiba-tiba Tak Lapar saat Sarapan!

Hal yang Sebabkan Tiba-tiba Tak Lapar saat Sarapan!

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Salah satu hal yang menyebabkan banyak orang menjadi tidak sarapan adalah merasa tidak lapar ketika pagi hari.

Padahal, kondisi tidak lapar di pagi hari ini, ternyata disebabkan beberapa hal yang sebenarnya bisa Anda hindari, lho.

Penasaran apa saja hal yang menyebabkan tubuh jadi tidak lapar di pagi hari? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya seperti dilansir doktersehat.com di bawah ini!

1. Makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur

Anda tentu sering mendengar bahwa kebiasaan makan malam terlalu dekat dengan waktu tidurbukanlah kebiasaan yang baik, bukan?

Selain menganggu pencernaan saat tidur, kebiasaan makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur akan menyebabkan Anda merasa kenyang atau tidak nafsu makan di pagi hari.

Solusi:

Hindari kebiasan makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur. Anda bisa makan malam lebih awal atau maksimal 2-3 jam sebelum waktu tidur

Jangan pilih menu makan malam yang banyak mengandung lemak, karena hal ini akan membuat Anda cenderung lemas di pagi hari, nafsu makan turun, dan tidak bersemangat untuk sarapan.

2. Ngemil di tengah malam

Ngemil di tengah malam, baik karena alasan begadang, tidak bisa tidur, maupun alasan lapar di malam hari, dapat menyebabkan asupan kalori yang berlebihan di malam hari. Kondisi ini membuat tubuh menjadi bermetabolisme lebih berat saat sedang beristirahat. Hasilnya, nafsu makan menjadi rendah di pagi hari.

Solusi:

Untuk menghindari ngemil di malam hari, pilih menu makan malam yang bergizi seimbang dan porsi sesuai kebutuhan.

Tingkatkan porsi sayuran di malam hari karena kandungan serat akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, dan

Jika begadang, konsumsi air putih yang cukup, pilih buah, sayur atau kacang-kacangan sebagai camilan saat begadang. Hindari mengonsumsi minuman bersoda, makanan tinggi kalori, atau berlemak.

3. Kondisi pencernaan yang belum terangsang

Kemampuan metabolisme yang berbeda antar individu juga bisa memengaruhi kondisi pencernaan di pagi hari. Hal ini kemudian bisa menyebabkan tubuh merasa tidak nafsu makan.

Solusi:

Memilih menu makan bergizi seimbang untuk makan malam, hindari makanan berlemak.

Memilih makanan ringan atau minuman yang mampu merangsang nafsu makanan di pagi hari, misalnya sajian dari jahe.

4. Tidak terbiasa sarapan

Jika Anda tidak terbiasa sarapan, misalnya sejak kecil, maka untuk membiasakan sarapan, tubuh juga harus dilatih agar dapat bermetabolisme dengan baik. Tubuh yang telah terbiasa sarapan akan membuat pencernaan merasa lapar saat pagi hari.

Solusi:

Lakukan beberapa tips agar tubuh terbiasa sarapan, diantaranya bangun lebih pagi dan mengonsumsi sarapan dalam porsi kecil namun dikonsumsi 2-3 kali dengan jeda waktu yang tepat.

Nah, itu dia 4 penyebab Anda tidak merasa lapar saat pagi hari, beserta solusinya. Kini Anda bisa tetap membiasakan sarapan karena nafsu makan bisa tetap terkontrol di pagi hari, bukan? (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini