Beranda Teknologi Hal Ini Wajib Kamu Tahu tentang Pesan Terenkripsi

Hal Ini Wajib Kamu Tahu tentang Pesan Terenkripsi

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Enkripsi, DM atau direct messages terenkripsi, dan enkripsi end-to-end saat ini menjadi topik yang hangat dibicarakan.

Tapi tahukah kamu apa itu pesan terenkkripsi? Buat kamu yang belum, dilansir dari keterangan resminya, Senin (22/5/2023), berikut lima hal yang wajib kamu tahu:

1. Apa itu pesan terenkripsi?

Enkripsi adalah sebuah cara untuk melindungi percakapan kamu. Sederhananya, enkripsi adalah cara untuk mengunci data sehingga hanya mereka yang memiliki kunci tertentu (juga dikenal sebagai kunci enkripsi) yang dapat membukanya.

2. Apa bedanya dengan pesan terenkripsi end-to-end?

Tidak semua pesan terenkripsi dibuat sama. Enkripsi end-to-end memastikan bahwa hanya kamu dan penerima yang dapat membaca pesan, bukan platform yang digunakan untuk berkomunikasi.

Pada dasarnya, hanya penerima dan pengirim yang memiliki kunci yang diperlukan untuk membuka dan membaca pesan, dan bukan dari sisi platform.

Hal ini melindungi semua pesan dari serangan, termasuk serangan man-in-the-middle (di mana penyerang mengeksploitasi kerentanan untuk menyadap).

Banyak aplikasi perpesanan populer yang memiliki enkripsi end-to-end, tetapi tidak semua aplikasi menerapkan enkripsi end-to-end secara default.

Artinya, fitur ini harus ‘diaktifkan’ secara manual, misalnya dengan memilih untuk memulai percakapan pribadi atau rahasia.

WhatsApp dan Signal adalah contoh aplikasi gratis yang telah terenkripsi end-to-end secara default.

Untuk menjelaskan cara kerjanya, di WhatsApp, sebelum pesan dikirim, pesan diamankan dengan kunci kriptografi, dan hanya penerima yang memiliki kunci untuk membukanya.

Selain itu, kunci ini berubah setiap kali pesan dikirim. Proses ini dilakukan di belakang layar, tetapi kamu dapat memeriksa apakah percakapan telah dilindungi dengan mengklik nama kontak dan memilih Enkripsi > Verifikasi Kode Keamanan.

3. Apakah enkripsi hanya melindungi pesan yang dikirimkan?

Tidak. Aplikasi perpesanan yang memiliki enkripsi end-to-end secara default akan memberikan tingkat perlindungan yang sama untuk semua hal ini.

4. Apa yang terjadi ketika mencadangkan percakapan saya?

Pada WhatsApp, secara default, pesan hanya akan disimpan di memori ponsel kamu.

Pencadangan terenkripsi end-to-end memastikan bahwa pesan kamu akan semakin terlindungi ketika mencadangkannya ke layanan Cloud mana pun yang digunakan.

Kamu dapat memilih untuk mengaktifkan pencadangan terenkripsi di WhatsApp, dan pesan-pesan akan langsung terlindungi oleh kunci enkripsi 64 digit atau kata sandi (yang tidak dapat diatur ulang melalui sistem ‘lupa kata sandi’).

5. Apakah terdapat cara lain untuk membuat percakapan saya menjadi lebih privat?

Selain enkripsi end-to-end, setiap aplikasi perpesanan menawarkan berbagai fitur privasi tambahan yang berbeda.

Misalnya, kamu mungkin ingin membuat pesan tidak tersedia selamanya. Dengan fitur Pesan

Sementara, kamu dapat memilih berapa lama pesan tetap ada (dari satu hari hingga beberapa bulan) sebelum dihapus secara otomatis.

Pada WhatsApp, selain fitur Pesan Sementara, kamu juga dapat mengaktifkan lapisan perlindungan tambahan dengan mengaktifkan sejumlah fitur seperti Kunci Pesan (yang memungkinkan kamu untuk menempatkan pesan-pesan tertentu dalam sebuah folder terkunci), mengatur siapa saja yang dapat menambahkan kamu ke dalam Grup, dan memastikan visibilitas status daring.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini