Beranda Gaya Hidup Hal-hal yang Wajib Kamu Lepaskan Jika Kamu Ingin Lebih Bahagia!

Hal-hal yang Wajib Kamu Lepaskan Jika Kamu Ingin Lebih Bahagia!

47
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Zaman modern ini begitu banyak orang-orang yang mengalami depresi, rasa cemas berlebihan, dan penyakit gangguan jiwa entah itu ringan atau berat lainnya.

Tak heran, jika jumlah psikiater semakin meningkat karena makin diperlukan di masyarakat. Banyak orang mengatakan, bahwa salah satu penyebabnya adalah padatnya aktivitas yang wajib dilakukan sehari-hari.

Namun, ternyata bukan itu saja lho penyebab kamu tak pernah merasa bahagia. 13 aktivitas yang kamu lakukan ini juga menjadi penghalangmu menuju kebahagiaan, lho! Berikut seperti dilansir IDN Times.

1. Rasa khawatir

Jika kamu terlalu khawatir, bagaimana bisa hidup dengan tenang? Daripada terus menerus khawatir tentang hidupmu, ada baiknya kamu mulai bersyukur dengan apa yang kamu miliki.

2. Kecemburuan

Cemburu dalam arti positif seperti “Wah, aku harus bisa menjadi – bahkan melebihi – dia!” bermanfaat, karena bisa menjadi motivasi kamu untuk terus maju. Namun, jangan sampai cemburu terlalu berlebih sehingga membuatmu stress dan pusing kenapa tak bisa menjadi seperti idolamu tersebut.

3. Rasa bersalah – bukan berarti selalu benar, ya!

Kamu boleh merasa bersalah, apalagi jika kamu melakukan sebuah kesalahan besar, contohnya transfer uang ke rekening yang salah. Namun, saat kamu sudah memperbaiki kesalahan tersebut, janganlah terus menerus merasa bersalah dan tak perlu dipikirkan lagi.

4. Apalagi menyalahkan orang lain, lho!

Namun, kamu pun juga tak boleh asal menuduh bahkan menyalahkan orang lain, ya! Apalagi jika itu adalah pekerjaan bersama atau kelompok, berarti kalian harus menanggung kesalahan tersebut bersama.

5. Rasa cemas

“Kalau nggak bisa ujiannya gimana, ya….?” “Hmm… kayaknya teman-teman disini nggak suka sama aku, deh…” Jalani saja, jangan pernah cemas. Rasa cemas membuat wajah kamu terlihat kusam dari hari ke hari, makin jauh dari kebahagiaan lho!

6. Selalu menduga-duga tanpa sebab atau judging

Setiap dari kamu memiliki masa lalu dan perjuangan masing-masing yang tidak diketahui oleh siapapun. Jangan pernah menduga-duga perilaku seseorang, nanti kamu bisa pusing sendiri karenanya!

7. Bergosip ria

Apabila kamu adalah seorang yang sangat sempurna dan tak memiliki kekurangan apapun, baru kamu bisa menggosip. Bergosip hanya membuatmu mengatakan hal-hal miring mengenai orang lain yang bahkan tak jelas sumbernya darimana, dan semakin membuatmu menjadi orang negatif.

8. Sedih berkepanjangan

Wajar kok kalau kamu merasa sedih jika terjadi hal buruk. Namun, ada baiknya jika kamu segera melupakan kesedihanmu dan kembali ceria. Sedih berkepanjangan bisa membuatmu stress.

9. Menyebarkan hal-hal buruk mengenai orang lain

Sebaliknya, sebarkanlah hal-hal positif agar wajahmu selalu terlihat bersinar dan ceria.

10. Rasa penyesalan

Bertanggung jawablah terhadap segala keputusan yang telah kamu buat. Rasa menyesal tak ada gunanya dan tak bisa merubah nasib hidupmu. Jadi, dibanding menyesal, lebih baik kamu berusaha untuk lebih dan lebih lagi.

11. Sok tau atau suka mencampuri urusan orang lain

Uruslah dirimu sendiri dan buatlah dirimu jadi bahagia daripada ikut campur dalam kehidupan orang lain.

12. Marah yang berlebihan

Marah tidak masalah, namun jangan menjadikannya sebuah kebiasaan. Jika kamu terlalu sering marah, aura negatif akan terpancar dari tubuhmu.

13. Selalu membandingkan dirimu dengan orang lain

“Hmm… dia kok cantik, pintar, dan banyak cowok yang naksir ya… sedangkan aku jelek, ya nggak pintar-pintar amat, jomblo lagi! Duuhhh….” Hati-hati lho, lama-lama kamu jadi rendah diri kalau terus menerus meremehkan dirimu sendiri. Fokuslah pada dirimu dan kembangkan potensi dirimu sendiri. Tak perlu membanding-bandingkannya, karena setiap dari kamu pasti memiliki kelebihan masing-masing. (Red)