Beranda Gaya Hidup Hal Baik Ini yang Kamu Dapat Saat Bisa Menerima Kekurangan Diri Sendiri

Hal Baik Ini yang Kamu Dapat Saat Bisa Menerima Kekurangan Diri Sendiri

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Kelebihan dan kekurangan ibarat pasangan yang pas dan seimbang. Kalau mau dipikirkan lebih jauh, kekurangan adalah sebuah “karunia sederhana” untuk mengingatkanmu supaya tidak boleh sombong dan memegahkan diri, namun kamu tetaplah istimewa dengan kelebihan yang kamu punya.

Meski teori memang tak semudah menjalani praktiknya, bagaimanapun juga kita harus belajar untuk menerima kekurangan diri sendiri. Nah, berikut ini lima hal baik yang akan kamu dapatkan saat berhasil menerima kekuranganmu.

1. Selamat! Kamu berhasil berdamai dengan diri sendiri

Ketika bisa menerima kekuranganmu, tandanya kamu berhasil berdamai dengan diri sendiri. Kamu gak lagi dibayangi masa lalu ataupun citra diri yang rusak.

Pada akhirnya kamu mau menerima hidupmu apa adanya. Kamu tak lagi mengolok kekuranganmu dan mulai mencintai diri sendiri.

2. Hatimu jauh lebih ringan dan perasaan jadi lega

Selain itu, kamu akan merasa lebih lega dan tenang. Tak hanya hati, tapi juga pikiranmu karena telah berhasil melepaskan bebannya.

Kamu menyadari bahwa semua orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Dan kekurangan yang kamu miliki, tak serta merta membuatmu jadi tersisihkan, melainkan jadi sosok yang istimewa.

3. Mengubahmu jadi pribadi yang lebih kuat dan bersemangat

Sebenarnya, kelemahan adalah kekuatan terbesarmu. Iya, kekuatan untuk belajar jadi lebih baik lagi.

Kekurangan yang kamu punya membuat dirimu unik dibanding yang lain. Semua tergantung dari sudut pandangmu untuk menilai dan menghargai diri sendiri.

4. Bisa jadi penyemangat bagi orang lain

Kamu berhasil menolong diri sendiri untuk menerima segala kekuranganmu, dan dari pengalaman selama ini, kamu bisa turut membantu orang lain yang punya masalah sama.

Kamu bisa membantu mereka dengan memberikan semangat. Walau secara kasat mata terlihat sederhana, nyatanya kamu telah melakukan sesuatu yang besar bagi orang lain.

5. Mengajarkanmu untuk terus berkarya dan mengembangkan kemampuan diri

Kekurangan dirimu adalah kelebihan tersembunyi. Kamu bisa jadikan sebagai motivasi berharga untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Jangan biarkan kekuranganmu jadi hambatan, tapi manfaatkan itu sebagai kekuatan yang paling besar.

Daripada sibuk memikirkan kekuranganmu, lebih baik gali lagi potensi dalam diri dan mengembangkannya sebaik mungkin.

Jangan berkecil hati pada kekurangan yang kamu miliki. Ini saatnya kamu belajar menghargai dan menyayangi dirimu sendiri, karena kalau bukan kamu, lalu siapa lagi? Semangat ya! (Red)

Sumber : IDN Times