Beranda Olahraga Hajar Inggris 2-1, Prancis Melaju ke Semifinal Piala Dunia 2022

Hajar Inggris 2-1, Prancis Melaju ke Semifinal Piala Dunia 2022

Pemain Prancis merayakan goal saat melawan Inggris - foto istimewa

QATAR – Prancis berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 di babak perempat final Piala Dunia 2022. Hasil itu membawa Les Blues ke semifinal dan akan menghadapi Maroko.

Pada pertandingan Inggris vs Prancis di Al Bayt Stadium, Al Khor, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB, gol Les Blues dicetak oleh Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud.

Sementara satu gol Inggris dicetak oleh Harry Kane dari titik penalti. Sementara satu peluang lagi Harry Kane dari titik penalti gagal membuahkan hasil.

Kemenangan 2-1 tersebut memastikan Prancis lolos ke semifinal dan akan menghadapi Maroko yang membuat kejutan setelah menyingkirkan Portugal setelah menang 1-0.

Jalannya Pertandingan

Prancis lebih dulu mengancam lewat sundulan Olivier Giroud setelah menyambut umpan Ousmane Dembele di menit ke-11. Namun kiper Jordan Pickford masih dapat mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-17, Prancis sudah berhasil memimpin lebih dulu 1-0 atas Inggris. Gol tersebut dicetak oleh Aurelien Tchouameni lewat tendangan keras kaki kanannya di luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau Pickford.

Inggris mencoba membalas lewat tendangan bebas Luke Shaw namun bola masih mengarah tepat ke Hugo Lloris. Sementara ancaman Harry Kane masih belum membuahkan hasil karena dapat diblok oleh Lloris.

Lagi Kane memiliki peluang namun kembali Lloris dapat menepisnya. Sementara Prancis mencoba mengancam lewat Kylian Mbappé namun bola hasil tendangannya masih berada di atas gawang di menit ke-39.

Setelah itu Inggris kembali melakukan tekanan, namun hingga turun minum belum ada gol tercipta. Sementara Prancis masih tetap menjaga keunggulannya 1-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, Inggris mengambil inisiatif serangan. Tendangan keras Jude Bellingham dari luar kotak penalti masih dapat ditepis oleh Lloris ke atas gawangnya, sementara sundulan Harry Maguire masih dapat diblok.

Pada menit ke-51, wasit memberikan hadiah penalti setelah Bukayo Saka dilanggar oleh Aurélien Tchouaméni di kotak terlarang. Harry Kane yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kedua tim mencoba membuka serangan, peluang dimiliki oleh Bukayo Saka namun bola masih dapat diamankan Lloris. Sementara sundulan Harry Maguire masih membentur tiang gawang Prancis di menit ke-70.

Menit ke-76, Pickford melakukan penyelamatan gemilang setelah memblok bola tendangan Olivier Giroud. Namun satu menit berselang Giroud menjebol gawang Inggris lewat sundulannya menyambut crossing Antoine Griezmann. 2-1 bagi Prancis.

Di menit ke-82, wasit memberikan hadiah penalti pada Inggris usai meninjau VAR menyusul pelanggaran Theo Hernandez kepada Mason Mount. Namun Kane gagal melakukan tugasnya sebagai eksekutor bola melambung ke atas gawang Prancis.

Inggris terus mencoba melakukan tekanan, sebuah ancaman dilakukan Mount namun bola masih melambung. Peluang terakhir Inggris lewat tendangan Marcus Rashford masih berada di atas gawang.

Prancis tetap menjaga keunggulannya dengan skor 2-1 dan memastikan lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 dan akan menghadapi Maroko yang membuat kejutan menyingkirkan Portugal.

Susunan Pemain

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Grealish 90+8′), Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson (Mount 79′), Declan Rice, Jude Bellingham; Bukayo Saka (Sterling 79′), Harry Kane, Phil Foden (Rashford 85′)

Prancis: Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Coman 80′), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini