Beranda Olahraga Hajar Barcelona, Valencia Juara Copa del Rey

Hajar Barcelona, Valencia Juara Copa del Rey

Tim Valencia - foto istimewa JawaPos.com

Valencia berhasil menaklukkan Barcelona dan tampil sebagai juara Copa del Rey 2018/2019. Menghadapi Barcelona, Los Murcielagos menang 2-1 berkat Kevin Gameiro dan Rodrigo Moreno.

Bertandang di Estadio Villamarin, Minggu (26/5/2019) dinihari WIB, Barcelona memulai dengan mencoba mengontrol pertandingan. Tapi Valencia menemukan celah di lebar lapangan, yang kemudian berujung gol-gol.

Gameiro membuka keunggulan Valencia di menit ke-21, memaksimalkan serangan cepat dari sisi kiri. Sementara Rodrigo menggandakan keunggulan di menit ke-33 lewat tusukan timnya dari kanan.

Barcelona mencoba bangkit di babak kedua. Sepakan Lionel Messi digagalkan tiang gawang, tapi kemudian kapten Barcelona itu menebusnya dengan gol di menit ke-73.

Tapi Barcelona tak berhasil menciptakan gol lain dan harus mengakui keunggulan Valencia. Valencia pun meraih trofi Copa del Rey kedelapan dalam sejarahnya.

Jalannya Pertandingan

Selepas sepak mula, Barcelona langsung berupaya menguasai pertandingan. Tapi Valencia yang lebih dulu mengancam ketika kelengahan Clement Lenglet nyaris dimaksimalkan Rodrigo Moreno. Tembakannya masih bisa dihalau Gerard Pique di garis gawang.

Lionel Messi menebar ancaman di menit ke-18. Tusukannya diakhiri sepakan mendatar yang kemudian dibelokkan Gabriel ke luar lapangan.

Valencia mendapatkan keunggulan di menit ke-21. Jose Gaya mendapatkan umpan terobosan dan berlari bebas di sisi kiri, sebelum kemudian mengoper ke Kevin Gameiro di tengah. Sepakan Gameiro menaklukkan Jasper Cillessen.

Sementara Barcelona masih kesulitan menciptakan peluang bagus, Valencia malah sudah bikin gol keduanya di menit ke-33. Kali ini lewat sisi kanan, tusukan Carlos Soler dilanjutkan dengan umpan silang yang disambar sundulan Rodrigo.

Di menit ke-45, Messi menguji Jaume Domenech yang dijawab kiper Valencia itu dengan baik di mana ia menepis bola. Upaya lanjutan dari Rakitic lebih mudah untuk Domenech. Valencia unggul 2-0 di babak pertama.

Valencia sudah mengancam Barcelona di menit kedua selepas restart. Sepakan Goncalo Guedes cuma melesat ke samping kanan gawang.

Messi nyaris mencetak gol balasan untuk Barcelona di menit ke-57. Usai bertukar operan dengan Malcom, Messi menusuk meliuk-liuk melewati tiga pemain dan melepaskan sontekan yang cuma menghantam tiang gawang.

Bola liar coba disambar Arturo Vidal tampil melambung.

Giliran Pique nyaris bikin gol di menit ke-71. Aksi Malcom dilanjutkan dengan umpan silang yang disambar bek Barcelona tersebut, tapi upayanya masih melebar.

Barcelona mencetak gol balasan di menit ke-73. Dari sepak pojok, sundulan Lenglet memantul tiang dan bola disambar Messi dari jarak dekat.

Barcelona mulai mengambil risiko lebih besar, tapi kesulitan menembus pertahanan rapat dan dalam dari Valencia.

Valencia bahkan nyaris melebarkan kembali selisih di masa injury time. Guedes tinggal menghadapi Cillessen lewat serangan balik, tapi sepakannya tipis saja ke kiri gawang.

Sebuah umpan silang dari Jordi Alba dibelokkan saja ke luar lapangan oleh bek Valencia. Dari serangan balik lainnya, Guedes hampir bikin gol dari tengah lapangan melihat gawang yang ditinggalkan Cillessen untuk ikut mencoba menyambut korner.

Tendangannya melebar ke kanan. Pertandingan berakhir tak lama kemudian. Valencia juara Copa del Rey.

Susunan pemain:

Barcelona: Jasper Cillessen; Nelson Semedo (Malcom 46′), Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arthur (Arturo Vidal 46′), Sergio Busquets, Ivan Rakitic (Carles Alena 76′); Sergi Roberto, Lionel Messi, Coutinho

Valencia: Jaume Domenech; Daniel Wass, Ezequiel Garay, Gabriel, Jose Gaya; Carlos Soler, Daniel Parejo (Geoffrey Kondogbia 65′), Francis Coquelin, Goncalo Guedes; Rodrigo Moreno (Diakhaby 89′), Kevin Gameiro (Cristiano Piccini 72′). (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini