Beranda Uncategorized Hadapi Pilkada, PDIP Banten siapkan 100 Pelatih Saksi

Hadapi Pilkada, PDIP Banten siapkan 100 Pelatih Saksi

Acara Training of Trainer (TOT) atau pelatihan pelatih saksi di Hotel Mutiara Carita, Pandeglang, Selasa (11/08/2020).

SERANG – Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Daerah PDIP Banten menyiapkan 100 pelatih saksi untuk menghadapi Pilkada Serentak di empat Kabupaten/kota di Banten 9 Desember 2020 nanti.

Demikian dikatakan Kepala BSPN Banten M Nasir, usai pembukaan acara Training of Trainer (TOT) atau pelatihan pelatih saksi di Hotel Mutiara Carita, Pandeglang, Selasa (11/08/2020).

Menurutnya, BSPN Banten dalam bulan Agustus ini pihaknya akan menggelar TOT dalam tiga tahap.

“Tahap pertama untuk Cilegon dan Pandeglang, tahap kedua untuk Kota Tangsel dan tahap ketiga untuk Kabupaten Serang,” katanya.

Selanjutnya menurut Ocing, nama panggilannya, 100 pelatih saksi tersebut pada September nanti akan diturunkan langsung ke tingkat kecamatan-kecamatan guna memberikan pelatihan kepada saksi tingkat kecamatan.

“Pelaksanaannya akan berbarengan dengan tekruitmen regu penggerak pemilih (Guraklih) dan saksi untuk setiap TPS di kabupaten/kota yang menggelar Pilkada,” ujarnya.

TOT sendiri dilaksanakan menurutnya guna menempa para koordinator saksi atau pelatih saksi dalam hal pengetahaun kepemiluaan dengan mengawasi dan mengamati detail tahapan pemilihan yang sedang berjalan.

“Selain itu, juga untuk menempa keterampilan dalam penugasan melatih saksi di TPS,” katanya.

Wakil Ketua DPD PDI P Banten, Eri Suheri dalam sambutannya mengatakan, saksi adalah ujung tombak kemenangan pemilu, sehingga perlu ditempa secara maksimal dalam segala hal, pengetahuan tentang aturan dan tahapan harus benar-benar menjadi panduan dalam mengawal kemenangan.

“Disiplin dan loyalitas menjadi kunci utama untuk bertanggung jawab penuh terhadap penugasan partai,” katanya.

(Tra/Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ