Beranda Peristiwa Hadapi Nataru, KSOP Banten Tingkatkan Uji Kelaikan Kapal di Pelabuhan Merak

Hadapi Nataru, KSOP Banten Tingkatkan Uji Kelaikan Kapal di Pelabuhan Merak

Tim dari KSOP Klas I Banten saat uji kelaikan di KMP Kirana II. (Foto : Gilang)

MERAK – Kepala Kantor Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas I Banten, Herwanto bersama jajarannya melakukan uji kelaikan atau ramp check terhadap Kapal Motor Penumpang (KMP) di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni, Kamis (20/12/2018).

Ramp Check saat itu dilakukan di KMP Kirana II yang tengah sandar di dermaga satu Pelabuhan Merak. “Kita ingin memastikan bahwa kondisi kapal angkutan menghadapi natal dan tahun baru 2019 ini. Jadi meskipun ini kegiatan rutin, tapi kita tetap perlu melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan, untuk memastikan keselamatan kapal dengan meningkatkan frekuensinya (ramp check), sesuai dengan instruksi dari Dirjen Perhubungan Laut,” ujarnya kepada awak media.

Dipaparkan, dari 70 kapal yang tersedia di lintasan tersebut, 58 kapal di antaranya sudah dinyatakan siap untuk melayani angkutan pada musim libur natal dan tahun baru (nataru).





“Ada 9 kapal yang sedang dock, 3 dalam kondisi rusak dan siap dock. Yang sudah di-ramp check saat ini sudah 51 kapal, sisanya masih ada 7 kapal lagi yang akan diuji kelaikan,” terangnya.

Herwanto tidak menampik bila sejauh uji kelaikan ini dilakukan, pihaknya mendapati sejumlah temuan di dalam kapal, seperti menyangkut dengan sejumlah peralatan keselamatan penumpang kapal.

“Tapi itu temuan-temuan kecil saja seperti ada liferaft (rakit keselamatan) yang terikat, karena seharusnya kan pada saat kapal akan berangkat liferaft tidak boleh terikat. Jadi secara umum sudah laik semua, karena kan pada saat penerbitan sertifikat kita lakukan pemeriksaan secara rutin,” tandasnya. (dev/red)