Beranda Hukum Hacker Website DPRD Banten Bangga Bisa Retas Situs Pemerintah

Hacker Website DPRD Banten Bangga Bisa Retas Situs Pemerintah

Foto istimewa detik.com

SERANG – Dendi Syaiman (DS) alias Mister Cakil (18), pelaku peretasan situs Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan juga DPRD Banten dalam aksinya menyasar situs pemerintah. Lemahnya sistem keamanan diakui Dendi membuat situs pemerintah mudah diretas.

“Situs pemerintah (sistem keamanannya) sangat lemah,” kata Dendi saat jumpa pers di Bareskrim Polri, Cideng, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018).

Dendi telah meretas banyak situs pemerintah, di antaranya DPRD Banten, Dinas Pedesaan di Banten, dinas-dinas lainnya, dan situs Universitas Brawijaya. Dendi mengaku bangga bisa meretas situs-situs itu.

“Bangga doang sih bisa retas,” ujarnya dilansir detik.com.

Dendi meretas situs Bawaslu dengan mengubah tampilan dalam website https://inforapat.bawaslu.go.id. Dia mengubah tampilan situs Bawaslu menjadi menampilkan ilustrasi kartun dengan tulisan ‘Zaman dulu korupsi adalah hal yang memalukan. Sekarang menjadi kesempatan yang dicita-citakan’.

Dendi ditangkap pada Sabtu (30/6/2018) pekan lalu sekitar pukul 13.00 WIB di Kramat Jati, Jakarta Timur. Dia meretas situs Bawaslu menggunakan nama samaran Mister Cakil di dunia maya.

“Modusnya adalah DS alias Mister Cakil dengan sengaja melakukan defacing atauhacking, pembobolan atau penerobosan secara ilegal terhadap website https://inforapat.bawaslu.go.id,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini