Beranda Ramadan Habis Sahur, Kok Tiba-tiba Lapar Lagi, Mungkin Ini Penyebabnya

Habis Sahur, Kok Tiba-tiba Lapar Lagi, Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Walaupun sudah sahur sebelum puasa dengan lauk pauk yang mengenyangkan, tapi pagi-pagi perut sudah kriukan. Kok bisa begitu?

Ketika seseorang lapar yang kita pahami kita butuh makanan, meskipun fakta menunjukkan tidak selalu begitu.

“Sebelum kamu sampai pada kesimpulan bahwa kamu lapar dan perlu makan segera, pikirkan beberapa hal,” kata Abby Sauer, MHR, RD, seorang ilmuwan nutrisi untuk Abbott.

“Kapan terakhir kali kamu makan? Bagaimana keadaan sekitarmu? Dengan siapa kamu makan? Bagaimana kebiasaan kesehatan yang lain, seperti minum air putih atau tidur setidaknya delapan jam semalam, pas? Ada banyak faktor dan rangsangan yang bisa masuk ke membuat kamu merasa seperti lapar, padahal pada kenyataannya kamu mungkin hanya bereaksi terhadap lingkunganmu atau perilaku sebelumnya yang kamu lakukan.”

1. Kurang tidur

Sauer mengatakan kurang tidur bisa mengacaukan hormon seseorang yang mana bisa memicu rasa lapar.

“Ghrelin, hormon yang memicu nafsu makan, dan leptin, hormon yang membantu kamu merasa kenyang, adalah dua penyebab utama. Ketika hormon-hormon ini berfluktuasi, mereka dapat membuat kamu merasa lapar. Atasi itu dengan cukup tidur setiap malam.”

2. Ternyata dehidrasi

Bila kamu mengalami sedikit dehidrasi, tubuh dapat mengacaukannya dengan rasa lapar. Ingat-ingat, sahur tadi minum berapa gelas?

“Hipotalamus, bagian dari otak yang mengatur nafsu makan dan kehausan, dapat menjadi bingung ketika kamu tidak memiliki cukup air dan menipumu untuk berpikir kamu membutuhkan makanan saja,” kata Sauer.

3. Kamu minum kopi ya?

Apakah kamu memulai hari dengan secangkir kopi? Ternyata ini bisa memicu rasa lapar, loh!

“Minuman berkafein dapat menekan nafsu makan dalam jangka pendek untuk beberapa orang, menghasilkan perasaan lapar nantinya,” ujar Debra Boutin, MS, RDN, CD.

4. Pasti terlalu banyak makanan olahan

“Makanan olahan meningkatkan kadar gula darah dan kemudian menyebabkannya turun kemudian, membuat kamu merasa lebih lapar dari sebelumnya,” jelas Sauer.

Nah, ini memiliki dampak besar pada pusat reward atau penghargaan di otak, itulah sebabnya mereka sangat sulit untuk dihindari. Mengganti makanan olahan dengan opsi gandum dapat membantu memuaskan rasa lapar tanpa membuat kamu merasa lapar sekitar satu jam kemudian.

5. Jangan-jangan kurang vitamin

Satu studi dari Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa asupan nutrisi yang tidak memadai dapat berperan dalam hormon yang mengatur lapar.

Vitamin A terkait dengan regulasi sel-sel lemak dan hormon-hormon yang dilepaskannya, dan vitamin D berperan dalam pelepasan leptin, hormon yang mengendalikan rasa lapar kita dan berapa banyak lemak yang disimpan dalam tubuh. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini