Beranda Pemerintahan H-1 Pendaftaran, BKN Belum Verifikasi Lowongan CPNS Cilegon

H-1 Pendaftaran, BKN Belum Verifikasi Lowongan CPNS Cilegon

Kepala BKPP Cilegon, Mahmudin (Gilang)

CILEGON – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon hingga saat ini masih menunggu hasil verifikasi dari Kantor Regional (Kanreg) III Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jawa Barat – Banten terkait dengan rencana pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang secara nasional serentak akan dibuka Rabu (26/9/2018) besok.

“Jadi kalau verifikasi itu sudah selesai, maka ketika besok resmi dibuka pendaftaran kita (lowongan CPNS Cilegon) sudah muncul di SCCN BKN (portal sccn.bkn.go.id). Sampai sekarang belum muncul, kita maklumilah karena yang diverifikasi itu bukan hanya Cilegon. Makanya hari ini kita akan telpon ke Kanreg,” ungkap Kepala BKPP Kota Cilegon, Mahmudin, Selasa (25/9/2018).

Dari informasi yang dihimpun pihaknya, kata dia, perangkat lamaran online yang disiapkan oleh BKN secara sistem sudah siap digunakan lantaran diprediksi portal yang dipersiapkan akan diakses oleh sekira 10 juta pengunjung.

“Kalau portal BKN, sesungguhnya sudah siap, belajar dari tahun lalu ketika Kementerian, instansi vertikal dan lembaga menerima lowongan dan sempat blank. Nah dari situ, BKN sudah memperbaiki dan berharap mudah-mudahan tahun ini tidak ada gangguan dan ini juga sudah kita sampaikan pada saat rakor, jangan sampai pada saat hari H malah bermasalah,” terangnya.

Secara teknis, lanjut Mahmudin, calon pelamar yang akan memperebukan 230 kursi CPNS di Kota Cilegon itu sesungguhnya pula sudah memahami mekanisme perekrutan dari keingintahuan bidang yang akan dilamar.

“Teknis lamaran online tahun ini sebenarnya sama saja dengan perekrutan kita pada 2014. Yang membedakan itu cuma proses pendaftaran. Kalau dulu pendaftaran online, tapi pemberkasan lewat pos. Nah tahun ini tidak ada pemberkasan karena ketika daftar mereka harus mengupload persyaratan yang sudah tertera di portal BKN, dan verifikasinya pun secara online, ketika seseorang daftar kemudian dapat nomor registrasi mereka langsung upload persyaratan,” tandasnya. (dev/red)