Beranda Pariwisata Gunung Luhur, Samudera Awan di Lebak

Gunung Luhur, Samudera Awan di Lebak

Gunung Luhur negeri diatas awan di Lebak

LEBAK – Liburan tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi setiap pelajar, mahasiswa, maupun para pekerja untuk beristirahat sejenak dari kesibukannya.

Banyak pilihan destinasi tempat wisata yang bisa dipilih untuk mengisi liburan, diantarannya adalah gunung. Banyak faktor lain yang justru menarik banyak orang untuk tetap pergi ke gunung, diantaranya adalah pemandangan yang disuguhkan diatas gunung tersebut.

Salahsatu pemandangan yang banyak dicari para pendaki adalah pemandangan diatas awan.

Di Indonesia sendiri banyak gunung-gunung yang mempunyai pemandangan diatas awan yang sangat menakjubkan hingga dijuluki “negeri diatas awan”.

Tapi tahukah anda bahwa di Provinsi Banten tepatnya di Kabupaten Lebak terdapat gunung yang dijuluki “negeri diatas awan” pula yaitu gunung Luhur.

Gunung yang terkenal dengan pemandangan samudera awannya ini terletak di Kampung Ciusul, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak.

Jaraknya dari Ibukota Kabupaten Lebak yakni Rangkasbitung adalah 78 kilometer atau setara dengan 2,5 jam perjalanan menggunakan mobil maupun motor.

Untuk sampai ke puncaknyapun pengunjung tidak perlu repot-repot mendaki, karena akses jalannya sudah memungkinkan bagi motor maupun mobil untuk dibawa hingga ke puncak.

Pemandangan Samudera awan yang banyak dicari hanya bisa didapatkan di pagi hari sekitar jam 05.00 WIB hingga 07.00 WIB, oleh karenanya pengunjung disarankan untuk bermalam dipuncak.

Namun pandai-pandailah dalam menentukan hari keberangkatan, karena pemandangan samudera awan tidak bisa didapatkan setiap hari, melainkan tergantung pada kondisi cuaca.

Untuk memasuki kawasan puncak gunung Luhur sendiri pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp5.000, namun bagi yang ingin menginap di puncak dapat membawa tenda dan membayar biaya sewa lahan sebesar Rp30.000, sedangkan bagi anda yang tidak mau repot membawa tenda disana sudah tersedia jasa sewa tenda dengan biaya Rp100.000 untuk empat orang dan sudah termasuk biaya parkir.

Selain itu karena di gunung Luhur anda tidak akan mendapatkan sinyal, pengelola menyediakan fasilitas wifi yang untuk mengaksesnya anda harus membayar terlebih dahulu.

Dari semua fasilitas dan pengalaman yang akan didapatkan, nampaknya gunung Luhur akan menjadi destinasi berlibur yang cocok bagi anda yang ingin merasakan berlibur ke gunung namun tidak ingin bersusah payah mendaki ataupun bagi anda yang ingin melihat pemandangan samudera awan yang umumnya jarang ditemukan atau bahkan mungkin satu-satunya di Banten. (**)

Artikel Ini adalah hasil karya

Eqi Nur Ramadhan, Mahasiswa UIN SMH Banten

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini