Beranda Peristiwa Gunung Anak Krakatau Pagi Ini Kembali Erupsi

Gunung Anak Krakatau Pagi Ini Kembali Erupsi

Informasi Erupsi Gunung Anak Krakatau pada Sabtu (5/2/2022) pukul 05.34 WIB. Foto: Akun Instagram resmi @krakatau_ca_cal

BANTEN – Gunung api Anak Krakatau (GAK) kembali erupsi pada Sabtu (5/2/2022). Erupsi terjadi pada pukul 05.32 WIB dengan kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal.

“Tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak atau sekitar 1.657 meter di atas permukaan laut,” tulis Magma Indonesia, Badan Geologi melalui laporannya pada Sabtu (5/2/2022).

Masih dalam laporan, erupsi yang terjadi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 58 mm dengan durasi sekitar 4 menit 42 detik. Pada erupsi kali ini, teramati pula sinar api dengan tinggi sekitar 300 meter namun tak terdengar suara dentuman.

Berdasarkan pantauan BantenNews.co.id melalui Youtube Channel Indonesia Volcano Monitorin, hingga pukul 08.11 WIB masih tampak asap erupsi tebal dari puncak gunung api.

Sebelumnya, pada Jumat (4/2/2022) GAK beberapa kali mengalami erupsi yakni diantaranya pada pukul 09.43, 12.46 dan 17.07 WIB.

Dalam erupsi yang terjadi kemarin tercatat juga 9 kali gempa letusan atau erupsi dengan amplitudo 40 sampai 58 mm dan lama gempa 20-169 detik, 1 kali gempa terasa skala III MMI dengan amplitudo 50 mm dan lama gempa 161 detik.

Kendati demikian, gempa letusan yang terjadi pada GAK tidak ada hubungannya dengan gempa 5,5M yang berpusat di Bayah, Kabupaten Lebak pada Jumat (4/2/2022) lalu.

“Pusat gempanya dekat Bayah, tidak ada kaitannya (dengan erupsi Gunung Anak Krakatau). Ini proses alami istilahnya subduksi lempeng atau apa itu proses alami,” jelas Urip Sutiyono selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Geofisika Tangerang saat dihubungi Bantennews.co.id, Jumat (4/2/2022).

Terkait aktivitas erupsi GAK, pihak Pos Pengamataan Gunung Api Anak Krakatau dan BPBD Kabupaten Serang mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap kewaspadaan. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak percaya dengan isu yang masih belum valid kebenarannya.

Masyarakat dapat ikut memantau aktivitas GAK melalui website resmi Magma Indonesia, mengunduh aplikasi Magma Indonesia melalui playstore khusus pengguna android, atau dapat juga mengamati melalui Youtube Channel live ‘Indonesia Volcano Monitoring’.
(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini