Beranda Pendidikan Gulirkan Manfaatkan Daun Kelor, Universitas Bhakti Kencana Serang Gelar Pengabdian Masyarakat

Gulirkan Manfaatkan Daun Kelor, Universitas Bhakti Kencana Serang Gelar Pengabdian Masyarakat

Universitas Bhakti Kencana (UBK) Kampus Serang, menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Kolaboratif (PKM)

SERANG – Universitas Bhakti Kencana (UBK) Kampus Serang, menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Kolaboratif (PKM). Kegiatan pengabdian ini berkolaborasi dengan LPPM STIE Dwimulya yang mengusung tema “Pemanfaatan Kelor Bagi Pencegahan Stunting di Desa Surianeun Kabupaten Pandeglang”.

“Kegiatan pendampingan ini dilandasi oleh kegelisahan masih tingginya angka stunting di wilayah perdesaan. Sehingga kemudian membuat tim dosen UBK Serang ingin menawarkan solusi pencegahan dengan menggulirkan pemanfaatan daun kelor,” jelas Trijani Moedjiherwati, selaku tim pengabdian masyarakat, Jumat (26/5/2023).

Selama ini daun kelor dikenal hanya sebatas mistis, sehingga pemanfaatannya kurang diterima oleh masyarakat perdesaan. Padahal daun kelor memiliki banyak kebermanfaatan yang bisa digunakan untuk berbagai hal.

“Beberapa produk olahan tersebut seperti makanan dan minuman, sebagai contoh bakwan, hingga kue bolu, sedangkan untuk minuman bisa dimanfaatkan seperti jus daun kelor, hingga produk masker untuk kecantikan,” terangnya.

Pemanfaatan yang beragam tersebut karena daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti zat besi hingga 25 kali lebih banyak dibandingkan daun bayam. Sehingga daun kelor dapat dijadikan sebagai sumber bahan pangan untuk pencegahan stunting.

“Selain itu pemanfaatan daun kelor juga bisa memberikan penghasilan bagi para warga masyarakat desa. Dikarenakan masyarakat bisa membudidayakan daun kelor untuk berbagai produk olahan UMKM, seperti membuat tepung kelor yang kemudian bisa diperjualbelikan hingga ke kancah internasional,” terang Trijani Moedjiherwati.

(Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini