Beranda Sosial dan Budaya Gugah Kepedulian Masyarakat dengan Road Show ‘Kita untuk Palestina’

Gugah Kepedulian Masyarakat dengan Road Show ‘Kita untuk Palestina’

87
0
Kegiatan road show kita untuk Palestina. (Foto : istimewa)

 

SERANG – Lembaga Amil Zakat Harapan Duafa (Harfa) Banten bekerjasama dengan KNRP menggelar acara “Road Show Kita untuk Palestina”. Road show ini dilaksanakan selama Ramadhan 1440 Hijriah tepatnya tanggal 16 – 31 Mei 2019. “Kegiatan ini dalam rangka menggerakan masyarakat untuk peduli terhadap kondisi penduduk Palestina,” ujar ulama asal Palestina yaitu Syekh Rafat Ismael Abed Al Raheem Shalap, Selasa (28/5/2019).

Road show digelar khusus untuk wilayah Banten di beberapa titik, seperti pengajian MUJ Cilegon Masjid Raudhatul Jannah PCI, Masjid At-Taubah Anyer, Masjid Al-Araf Rangkasbitung, Masjid Jabal Rahmah PT BCS Logistics Cilegon, Masjid Baitul Akbar Perum Arinda 2 Pondok Aren Tangerang, MAN 3 Panimbang – Pandeglang, Masjid At-Taubah Solodengan, Masjid Kompleks Graha Aman Mandiri Cipacung, Masjid Al-Barokah BCP Ciruas, Ponpes Al Mizan Putri Pandeglang, Masjid Riyadhul Muttaqin Komplek Saruni Pandeglang, Musala Abu Dzar Komplek Cigadung, SMAN 1 Ciruas dan Masjid Al Azzam Taman Cilegon Indah.

Dalam road shownya, Syekh Rafat Ismael Abed Al Raheem Shalap memaparkan mengenai krisis, konflik, dan permasalahan yang terjadi di Palestina, juga menekankan mengenai krisis di Masjid Al-Aqsa. Dikatakan, Palestina mengalami penjajahan bahkan sudah 71 tahun lamanya dan masih belum juga menemukan titik merdeka. “Al-Aqsa milik semua umat muslim di dunia bukan hanya di Palestina, maka seharusnya seluruh masyarakat dunia memiliki kepedulian terhadap penjajahan di Palestina ini. Bahkan belasan ribu orang tertahan, lima juta orang mengungsi dan juga banyak yang menjadi korban jiwa baik dewasa hingga anak kecil,” ujarnya.

Ia menambahkan, bukan hanya nyawa yang menjadi taruhannya, akan tetapi sudah banyak bangunan termasuk rumah, sekolah, tempat ibadah yang hancur.

Muhammad Mukri,  Manager Fundraising LAZ Harfa Banten menjelaskan, road show ini  untuk memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia mengenai kondisi terbaru di Palestina. “Di samping memberi edukasi kepada umat terkait dengan kondisi terkini di Palestina, juga memberi penjelasan mengenai hasil dari donasi masyarakat, yang nantinya akan dibuatkan kaki-tangan palsu untuk saudara kita di Palestina” ungkapnya.

Fauzi, salah satu peserta road show yang merupakan seorang driver Gojek mengungkapkan bahwa sebenarnya ia tidak tahu sama sekali tentang kabar terbaru dari Palestina, tapi setelah mengikuti road show ini ia jadi memahami bagaimana kondisi terkini Palestina. Ia ikut tergerak menyisihkan sebagian hartanya untuk rakyat Palestina yang memang benar-benar membutuhkan.

“Rakyat Palestina sangat membutuhkan bantuan kita baik doa maupun bantuan materi, kita sebagai umat islam yang diberikan oleh Allah banyak kenikmatan, baik berupa kesibukan, harta yang lebih sudah sepatutnya ikut membantu rakyat Palestina di sana. Jangan takut miskin, rezeki sudah diatur oleh Allah, sebab rakyat Palestina sendiri juga saudara kita yang perlu kita bantu,” ungkapnya. (ink/red)