Beranda Kesehatan Gubernur Banten Minta Masyarakat Semakin Patuhi Protokol Kesehatan

Gubernur Banten Minta Masyarakat Semakin Patuhi Protokol Kesehatan

Gubernur Banten Wahidin Halim

SERANG – Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) meminta masyarakat Banten semakin mematuhi protokol kesehatan dalam kesehariannya. Hal itu  sebagai upaya dalam menekan kasus positif Covid-19 di Banten.

Menurut WH, saat ini perilaku masyarakat sudah baik. Meski begitu, dirinya meminta masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Sekarang Banten (zona) oranye. Kita masih tetap urutan 13 dan 14 nasional. Kalau mau apresiasi (itu) kerja kami, karena dekat dengan Ibukota kita lepaskan diri dari zona merah. Tapi kita bukan butuh penghargaan tapi kerja-kerja,” ujar WH.

Terkait relaksasi atau pelonggaran pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Banten, WH mengaku telah memberikan toleransi kepada masyarakat.

“Seperti kita tahu, pabrik masih buka, masih bergerak. Tapi yang kita butuhkan itu kesadaran. Karena (kasus) bukan muncul dari kalangan kita, ini muncul dari klaster perorangan. Tapi dengan zona oranye saya yakin Banten lebih sadar,” katanya.

Mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pencegahan dan penanggulangan Covid-19, WH berharap rancangan produk hukum itu nantinya dapat membentuk kesadaran kolektif di masyarakat.

“Bukan hanya kesadaran sosial tapi juga kesadaran hukum. Ada sanksi dan kewajiban. Ketika merasa kewajibannya terpenuhi tanpa kita razia juga sudah baik. Untuk itu kita terus edukasi, sosialisasi dan pendekatan secara hukum,” ujar WH.

WH juga menepis anggapan dibuatnya payung hukum dalam mengejar target Banten masuk dalam zona hijau Covid-19. “Ngga ada urusan target zona hijau. Siapa bilang, siapa yang narget Covid-19 hilang. Cuma Allah yang Maha Tahu, ngga bisa kita hilangin itu,” pungkasnya.(Mir/Red/SG)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini