Beranda Teknologi Google Akan Kurangi Konten Clickbait di Hasil Penelusuran

Google Akan Kurangi Konten Clickbait di Hasil Penelusuran

Ilustrasi - foto istimewa

TANGERANG – Google bakal merilis beberapa update baru untuk Google Search. Pembaruan ini bertujuan untuk mengatasi konten clickbait dan meningkatkan relevansi hasil pencarian.

Update terbaru Google ini juga akan memprioritaskan hasil review asli dan autentik, alih-alih informasi daur ulang yang beredar di situs-situs agregator.

Google mengatakan, pembaruan ini bakal dirilis mulai minggu depan untuk para pengguna yang memakai situs dalam bahasa Inggris.

“Kami tahu orang tidak menganggap konten bermanfaat apabila dirancang untuk menarik klik (clickbait) ketimbang memberikan informasi ke pembaca,” kata Google, dikutip dari suara.com, Senin (22/8/2022).

“Jadi mulai minggu depan untuk pengguna bahasa Inggris, kami meluncurkan berbagai peningkatan di Search untuk memudahkan orang menemukan konten bermanfaat yang dibuat khusus oleh dan untuk orang-orang,” tambahnya.

Google melanjutkan, pembaruan ini akan membantu memastikan bahwa konten yang tak original dan berkualitas rendah tidak mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian.

Adapun konten clickbait yang akan diminimalisir Google mencakup materi pendidikan online, hiburan, belanja, hingga konten terkait teknologi.

Juru bicara Google, Jennifer Kutz mengatakan, update baru bernama Helpful Content Update ini bakal diluncurkan secara global ke pengguna bahasa Inggris pada Senin, 22 Agustus nanti.

Sedangkan pembaruan kedua akan hadir dalam beberapa minggu ke depan.

Update kedua ini dimaksudkan agar membuatnya lebih mudah dalam menemukan review asli berkualitas tinggi.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini