Beranda Hukum Gondol Rp600 Juta, Begini Cara DR Yakinkan Para Korban Penipuan Jadi ASN

Gondol Rp600 Juta, Begini Cara DR Yakinkan Para Korban Penipuan Jadi ASN

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Haryanto menginterogasi tersangka DR d Mapolres Tangerang Kota, Jumat (03/07/2020) - (Foto Alwan/BantenNews.co.id)

TANGERANG – Oknum ASN pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang berinisial DR berhasil menggondol keuntungan Rp600 juta dari 27 korban yang ia tipu. Mengiming-imingi puluhan korban menjadi ASN, DR yang merupakan Staf Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi (RR) BPBD Kota Tangerang itu mematok tarif bervariasi pada setiap korban.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Sugeng Haryanto mengatakan, untuk meyakinkan para korban pelaku menjanjikan korban bisa menjadi ASN tiga bulan sejak uang yang diminta diserahkan kepadanya.

BACA : Janjikan Korban Jadi ASN, Oknum BPBD Tangerang Dipolisikan

“Setelah itu, tersangka  meminta para korban pakaian seragam ASN beserta atributnya untuk persiapan masuk kerja,” katanya saat memberi keterangan pers di Mapolres Metro Tangerang Kota, Jumat (3/7/2020).

Beberapa kelengkapan atribut ASN yang diinstruksikan tersangka kepada korban untuk membelinya yakni satu stel baju dinas ASN warna coklat, kemeja putih, pin korpri, papan nama, dan ikat pinggamg korpri.

“Pelaku juga menunjukkan bukti jadwal kerja serta jadwal tugas laporan pengawasan dinas umum Kota Tangerang,” jelasnya.

Setelah beberapa waktu, tersangka memberitahu korban telah lulus ASN dengan pemberitahuan melalui email. “Namun setelah dilakukan pengecekan email tersebut diduga palsu,” ungkapnya.

Setelah dilakukan penyidikan, terdapat puluhan korban lain yang juga dijanjikan akan dijadikan ASN. Jumlah uang yang diminta DR kepada setiap korban juga bervariasi yang beberapa diantaranya Rp120 juta, Rp80 juta, Rp7,2 juta, Rp20 juta, Rp50 juta, Rp5 juta, Rp10 juta dan nominal lainnya.

“Total kerugian para korban kurang lebih Rp600 juta. Tapi saat ini kami masih mendalami apakah ada penambahan oknum yang terlibat, atau ada korban lain yang juga ditipu oleh DR,” pungkasnya.

(Tra/Wan/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini