Beranda Pilkada Serentak 2020 Golkar Cilegon Tunjuk Abdul Rojak Ketuai Fraksi di DPRD

Golkar Cilegon Tunjuk Abdul Rojak Ketuai Fraksi di DPRD

383
0
Ketua Fraksi Golkar DPRD Cilegon, Abdul Rojak. (Foto : Gilang)

CILEGON – Pengurus DPD II Partai Golkar Cilegon selaku partai politik pemenang pemilu legislatif 2019 akhirnya menunjuk Abdul Rojak sebagai Ketua Fraksi di DPRD Cilegon. Terpilihnya anggota legislatif dua periode dari daerah pemilihan Grogol-Pulomerak itu di luar dugaan banyak pihak dan diumumkan dalam rapat paripurna pembentukan fraksi-fraksi di DPRD, Rabu (11/9/2019).

“Formasi fraksi ini sudah final Senin lalu. Ini memang adalah formasi yang sulit diprediksi. Formasi ini sudah menjawab kebutuhan Golkar di parlemen maupun untuk jangka panjang karena kita juga punya agenda politik, sehingga perlu formasi yang bisa merangkul seluruh fraksi,” ungkap Sekretaris DPD II Golkar Cilegon, Sutisna Abbas ditemui usai paripurna.

Ia menyatakan, keputusan formasi itu sudah melalui kesepakatan antara sepuluh anggota DPRD Cilegon maupun pengurus partai berlambang pohon beringin tersebut. “Karena kan secara kelembagaan 10 orang ini yang akan bekerja di parlemen, tinggal bagaimana mereka mengamankan amanat dari partai, sehingga setelah mereka berembuk, itu keputusannya,” imbuhnya.

Sebagai partai pemenang pemilu legislatif 2019 di Kota Cilegon lalu, Golkar akan mendapatkan jabatan unsur pimpinan dalam hal ini yakni Ketua DPRD, didampingi Wakil Ketua dari partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dan seperti yang sudah-sudah, elit Golkar di parlemen pula dipastikan akan menduduki jabatan pimpinan di salah satu Komisi maupun Ketua Harian Badan Anggaran, jabatan strategis lainnya di Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Kita hanya menjalankan perintah partai, dengan tugas jabatan apapun yang diamanahkan, kita tidak bisa menolaknya, tinggal dijalankan sesuai dengan tugas dan fungsinya,” ujar Ketua Fraksi DPRD Golkar, Abdul Rojak.

Pasca Pelantikan sepekan lalu, partai Golkar sudah menunjuk mantan Ketua Fraksi partai periode sebelumnya Endang Effendi sebagai Ketua Sementara DPRD. Di tingkat fraksi, bersama Tohir AS sebagai Wakil Ketua Fraksi dan Rafiudin sebagai Sekretaris Fraksi Golkar, Rojak mengaku pihaknya akan segera mempersiapkan diri dalam tugas penyusunan Tata Tertib DPRD dan AKD. “Untuk pembagian AKD itu sendiri tentu kita akan berkoordinasi juga bersama-sama dengan partai, secepatnyalah hal itu akan kita bahas,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam paripurna saat itu juga diumumkan bahwa Fraksi Gerindra diketuai oleh Babay Suhemi sementara Ketua Fraksi PKS dijabat oleh Abdul Ghoffar. (dev/red)