Beranda Uncategorized Gerindra Singkirkan PDIP pada Perolehan Kursi DPRD Banten

Gerindra Singkirkan PDIP pada Perolehan Kursi DPRD Banten

Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD Banten. (Foto : ist)

 

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat plebo penetapan peroleha  kursi dan calon anggota legislatif (Caleg) hasil Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Senin (12/8/2019) malam.

Dari 85 kursi kursi yang diperebutkan, Partai Gerindra unggulan dalam perolahan kursi. Partai Gerindra menyingkirkan PDIP yang pada Pemilu 2014 meraih kursi terbanyak di DPRD Banten.

Pada Pemilu 2019, Partai besutan Prabowo Subianto ini mendapatkan 16 kursi, disusul PDIP dengan perolehan 13 kursi DPRD Banten. Sisanya terdiri dari Golkar dan PKS masing-masing 11 kursi, Demokrat 9 kursi, PKB 7 kursi, PAN 6 kursi, PPP 5 kursi, Nasdem 4 kursi, PSI, Hanura dan Berkarya masing-masing mendapatkan 1 kursi.

Pada Pemilu 2014, PDIP mendapatkan 15 kursi dengan perolehan 842.690 suara disusul Golkar mendapatkan 15 kursi dengan perolehan 808.920 suara. Sisanya Gerindra 10 kursi, Demokrat, PPP dan PKS masing-masing 8 kursi, PKB 7 kursi, Hanuri 6 kursi, Nasdem 5 kursi dan PAN 3 kursi.

“Tadi kita sudah menyampaikan dan membacakan proses yang sudah kita agendakan. Perolehan kursi di Provinsi Banten gerindra itu sebanyak 16 kursi kemudian diikuti oleh PDIP 13 kursi,” kata Ketua KPU Banten Wahyul Furqon usai menetapkan Caleg terpilih di salah satu hotel di Kota Cilegon.

Sementara, partai Garuda, Perindo, PBB dan PKPI gagal mengirimkan kadernya untuk duduk di DPRD Banten. Dua partai baru PSI dan Berkarya yang berhasil mengirimkan kadernya duduk di kursi DPRD.

“Secara keseluruhan di Banten 85 kursi ada 4 parpol yang tidak memiliki kursi,” katanya.

Selanjut, KPU Banten akan mengirimkan berkas administrasi hasil putusan ke Pemprov Banten dan salinan putusan ke KPU RI dan Bawaslu. Syarat administratif untuk pelaksanaan pelantikan DPRD Banten periode 2019-2024.

“Kita akan sampaikan salinan ke pimpinan KPU dan Bawaslu serta Pemprov,” katanya. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini