Beranda Pariwisata Geopark Bayah Dome Langkah Strategis Gali Potensi Geologi Lebak

Geopark Bayah Dome Langkah Strategis Gali Potensi Geologi Lebak

1248
0
Foto istimewa

LEBAK – Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyampaikan bahwa Kabupaten Lebak memiliki berbagai potensi alam yang luar biasa didukung dengan keanekaragaman hayati, budaya, serta warisan geologi yang tak ternilai.

Sehingga pengembangan Geopark Bayah Dome menjadi langkah strategis dalam upaya mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Lebak yaitu “Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal”.

Bupati juga meminta kepada para Camat dan Kepala Desa, setelah dilakukan penetapan warisan geologi oleh Kementerian ESDM untuk mensosilasisasikan dan mengajak masyarakat turut menjaga dan melestarikan warisan geologi yang ada di wilayahnya agar tidak mengalami kerusakan.



“Karena warisan geologi tersebut memiliki manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, keperluan konservasi, dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan,” ungkap Bupati melalui siaran tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Sementara itu Ketua Tim Pusat Penelitian (Puslit) Geopark dan Kebencanaan Geologi (GKG) Universitas Padjajaran Prof Mega Fatimah Rosana menjelaskan beberapa potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Lebak.

Mega melanjutkan, Geopark Bayah Dome yang diinisiasi oleh Pemkab Lebak sejak 2019 kawasannya meliputi 12 kecamatan yaitu kecamatan sajira, Leuwidamar, Muncang, Cipanas, Sobang, Lebak gedong, Cibeber, Cilograng, Bayah, Panggarangan, Cihara dan Malingping.

“Kita semua harus bisa menjaga dan melindungi warisan, akan tetapi warisan itu harus kita manfaatkan jangan hanya disimpan, makanya motto dari geopark ini adalah alamnya lestari masyarakatnya sejahtera,” ucap Mega.

(Red)