Beranda Pariwisata Geopark Bayah Dome Diharapkan Kembangkan Potensi Lokal Lebak

Geopark Bayah Dome Diharapkan Kembangkan Potensi Lokal Lebak

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya pada kesempatan ini memaparkan arah pengembangan Geopark Bayah Dome dihadapan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar - foto istimewa

LEBAK – Dalam rangka mendorong percepatan penetapan Geopark Bayah Dome menjadi Geopark Nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak menggelar ekspose pengembangan Geopark Bayah Dome dengan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten di Ruang Rapat Kantor Gubernur Banten.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya pada kesempatan ini memaparkan arah pengembangan Geopark Bayah Dome dihadapan Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar. Ia menjelaskan bahwa pengembangan Geopark Bayah Dome sejalan dengan visi Kabupaten Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal, dimana geopark ini mengembangkan potensi lokal yang beragam kemudian diintegrasikan sehingga mampu mengakselerasi pembangunan ekonomi daerah serta mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Geopark merupakan jalan baru ekonomi inklusif yang berkelanjutan dengan mengedepankan potensi lokal sebagai basis pariwisata, dan merubah paradigma pembangunan daerah dari ekstraksi ke konservasi, serta geopark juga berkontribusi pada capaian Sustainable Development Goals,” jelas Iti dalam keterangannya, Rabu (12/7/2023).

Lebih lanjut Bupati berharap Pemprov Banten mendukung upaya pengembangan Geopark Bayah Dome menjadi Geopark Nasional bahkan menjadi Unesco Global Geopark, dimana Geopark Bayah Dome memiliki potensi warisan keragaman geologi, keanekaragam hayati, dan keragaman budaya sebagai implementasi pembangunan dari aspek perlindungan, pendidikan, dan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Pj. Gubernur Banten mendukung pengembangan Geopark Bayah Dome menjadi Geopark Nasional. Hal ini dibuktikan dengan ditandatanganinya secara langsung surat rekomendasi Gubernur Banten sebagai bentuk dukungan penuh terhadap pengembangan Geopark Bayah Dome.

“Geopark Bayah Dome ini merupakan sebuah taman bumi yang akan kita giatkan yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian di kawasan sekitar. Pemerintah Provinsi Banten mendukung pengembangan geopark ini menuju geopark nasional untuk Lebak maju, Banten maju, dan Indonesia maju,” ucap Al Muktabar.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini