Beranda Peristiwa Generasi Muda di Kabupaten Tangerang Diedukasi Pengolahan Pangan Lokal

Generasi Muda di Kabupaten Tangerang Diedukasi Pengolahan Pangan Lokal

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menggelar Pelatihan Pengolahan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal pada generasi muda - foto istimewa

TANGERANG – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menggelar Pelatihan Pengolahan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal pada generasi muda. Kali ini, pelatihan berlangsung di SMPN 25 Kota Tangerang dengan diikuti 20 pelajar, Kamis (29/9/2022).

Kepala Bidang Keanekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan pada DKP Kota Tangerang, Mamet Indiarto mengungkapkan pelatihan ini merupakan bagian dari upaya pencapaian target konsumsi pangan per kapita per tahun, sesuai dengan angka kecukupan gizi.

“Kali ini, pelatihan yang diberikan merupakan olahan produk lokal yaitu singkong. Narasumber mempraktiknya olahan singkong menjadi pancake cassava, brownies cassava dan crunchy soes cassava,” ungkap Mamet.

Dengan pengenalan dan pelatihan olahan produk lokal ini, para peserta dapat mampu mengolah pangan lokal lainnya serta memiliki inovasi-inovasi terbaru dalam mengolah pangan lokal.

“Biasanya ibu-ibu jadi target pelatihan ini. Namun sekarang merambah kekalangan generasi muda, sehingga kegemaran produk lokal bisa meluas,” katanya.

Kata Mamet, DKP berharap Pelatihan Pengolahan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal ini bisa meningkatkan konsumsi pangan lokal.

“Salah satunya, umbi-umbian lokal yang ada di sekitar kita dengan harga yang terjangkau dan mudah dalam pengolahannya dengan skala keahlian anak anak sekolah tingkat SMP,” katanya.

Sebagai informasi, keseluruhan upaya meningkatkan konsumsi pangan lokal dengan menu yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) ini dapat meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran dan kesehatan warga Kota Tangerang. Yang kini digencarkan sejak usia dini menuju Target Pola Pangan Harapan yang ideal.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini