Beranda Sosial dan Budaya Generasi Millenial Diajak Manfaatkan Bambu untuk Ladang Usaha

Generasi Millenial Diajak Manfaatkan Bambu untuk Ladang Usaha

Diskusi tentang pemanfaatan bambu di Kabupaten Lebak. (Ali/bantennews)

 

LEBAK – Bambu merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Kabupaten Lebak. Bahan baku yang melimpah itu diyakini memiliki potensi besar jika dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai macam produk khas di Kabupaten Lebak.

Wandi S Assayid, pengrajin bambu mengatakan, dengan edukasi, generasi milenial bisa menjadikan bambu sebagai ladang usaha untuk menghasilkan pendapatan. Ia menyakini generasi milenialĀ  mempunyai gagasan atau ide-ide cemerlang yang mampu menarik minat masyarakat umum.

“Kita sengaja mengajak diskusi sebagian mahasiswa atau generasi milenial untuk mengedukasikan bambu yang berasal di Kabupaten Lebak,” kata Wandi S Assayid, Jumat (6/12/2019).

Masyarakat di Kabupaten Lebak sudah tidak heran, jika melihat puluhan bambu di setiap harinya kerap dibawa keluar daerah dengan menggunakan kendaraan besar yang tentunya, akan digunakan sebagai bahan material bangunan. “Oleh karena itu, lebih baik kita manfaatkan bambu sebagai salah satu omzet untuk mendulang rupiah,” katanya.

Ia mengajak generasi milenial untuk mensosialisasikan keunggulan dan keuntungan mengolah bambu dari narasumber atau pemateri yang sudah teruji dan terbukti mahir dalam mengolah bahan dasar dari alam tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin mengatakan, dibentuknya beberapa penggiat atau komunitas para pengrajin bambu ini untuk meminimalisir produksi bambu di LebakĀ  terkikis. Terlebih, Lebak memiliki julukan daerah bambu.

“Oleh karena itu, kami sengaja menggelar diskusi dan festival bambu dengan tujuan untuk meningkatkan dan memberikan motivasi, khususnya para pengrajin bambu serta nama Rangkasbitung akan sesuai dengan julukan daerah yang memiliki bambu terbanyak,” katanya

Dia berharap, setiap wisatawan yang berkunjung ke Lebak akan membeli produk-produk kerajinan yang terbuat dari bambu. Sehingga, Lebak memiliki khas daerah penghasil bambu. (Ali/Red)