Beranda Peristiwa Gempa di Lebak Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa di Lebak Tidak Berpotensi Tsunami

LEBAK – Gempa bumi terktonik berkekuatan 5.2 magnitudo di Lebak Selatan tidak berpotensi tsunami. Gempa tersebut dirasakan oleh warga Bayah dan sekitarnya.

Hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bayah, Banjarsari, dan Tamanjaya.

Gempa juga terasa di daerah Serang, Pandenglang, Panggarangan, Malingping, Ciptagetar, Cikeusik, Labuan, Tangerang, Panimbang dan Cinangka dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Di derah Tangerang Selatan, Bogor, Sukabumi, Tangerang, Cianjur dan Bandung Barat dengan skala intensitas II-III MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Sementara daerah Jakarta, Depok, Cibubur dengan skala intensitas II MMI getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebutkan gempa terjadi pada Selasa 07 Februari 2023 pukul 07.35.50 WIB wilayah Selatan Lebak, Banten diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,40° LS ; 105,90° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km BaratDaya Bayah, Banten pada kedalaman 41 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik,” ujarnya. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini