Beranda Peristiwa Gempa Bumi 4,9 Magnitudo Guncang Kabupaten Pandeglang

Gempa Bumi 4,9 Magnitudo Guncang Kabupaten Pandeglang

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

PANDEGLANG – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,9 Magnitudo mengguncang Kabupaten Pandeglang pada Rabu (16/11/2022) sekitar pukul 00.21 WIB tidak berpotensi tsunami. Gempa ini berlokasi di koordinat 6.84 Lintang Selatan dan 105.49 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 kilometer Barat Daya Sumur – Banten pada kedalaman 21 kilometer.

Berdasarkan laporan resmi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima Bantennews.co.id, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif setempat.

“Hingga pukul 00:47 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto melalui siaran persnya, Rabu (16/11/2022).

Kata Hartanto, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Labuan, Panimbang, Cikaju, Rangkasbitung, Banjarsari, Bayah dengan Skala Intensitas II – III MMI.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” jelasnya.

Ia mengimbau pada masyarakat agar tetap tenang dan tidak percaya pada isu-isu yang beredar serta tidak bisa dipertanggungjawabkan. “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pesannya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini