Beranda Peristiwa Gempa Berkekuatan 4.7 Skala Richter Guncang Kabupaten Pandeglang

Gempa Berkekuatan 4.7 Skala Richter Guncang Kabupaten Pandeglang

Titik lokasi gempa.

PANDEGLANG – Gempa bumi berkekuatan 4.7 skala Richter mengguncang Kabupaten Pandeglang. Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 08.05 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Koordinator bidang data dan informasi Stasiun Geofisika Tangerang, Urip Sutiyono melalui siaran persnya mengatakan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,7 episenter terletak pada koordinat 6.91 LS dan 105.04 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 KM Barat Daya Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas pensesaran di laut pada bagian dalam dari lempeng Eurasia,” jelas Urip, Kamis (7/10/2021).

Urip melanjutkan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Sumur, Cikeusik, Labuan, Cimanggu, Cinangka, Binuangeun, Cijaku, Malingping, Cinangka, Cilegon, Kota Serang dengan Skala Intensitas II – III MMI.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. “Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pesannya.

Sementara Camat Sumur, Heru A Haerudin mengaku hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan yang diakibatkan oleh gempa. Bahkan kata dia, saat ini kondisi masyarakat masih kondusif.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Heru menerangkan bahwa gempa dirasakan oleh masyarakat di Kecamatan Sumur namun sangat kecil dan berlangsung sangat singkat hanya hitungan detik saja.

“Ada juga cuma kecil, saya juga tidak begitu merasakan dan cuma sebentar, dari masyarakat juga belum menerima laporan adanya kerusakan. Sepertinya tidak akan ada laporan apa-apa karena kecil gempanya,” jelas Heru, Kamis (7/10/2021).

Ia membeberkan, saat ini suasana di masyarakat masih tetap tenang dan kondusif dan kemungkinan banyak masyarakat juga yang tidak merasakan adanya gempa bumi.

“Masyarakat tetap kondusif karena memang cuman sebentar hanya beberapa detik. Imbauannya, masyarakat agar jangan panik, tetap siaga dan tidak mudah terpengaruh kabar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” imbauannya.

(Med/Red)