Beranda Peristiwa Gempa 7,4 SR, Tangsel Ikut Merasakan Getaran Kuat

Gempa 7,4 SR, Tangsel Ikut Merasakan Getaran Kuat

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

TANGSEL – Gempa sebesar 7,4 Sekala Richter mengguncang wilayah Banten, Jumat (2/8/2019). Getaran gempa juga dirasakan hingga wilayah Tangerang Selatan (Tangsel).

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) balai 2 Kota Tangsel, kawasan Pandeglang bagian Selatan, Pandeglang Pulau Panaitan, dan Lampung Barat Pesisir Selatan berada dalam status siaga. Sementara untuk yang lainnya dalam status waspada.

Gempa tersebut pun sampai mengguncang Kota Tangsel dengan sekala intensitas 2 sampai 3 Modified Mercalli Intensity (MMI).

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Balai 2 Kota Tangsel Sutiyono mengatakan, gempa tersebut berpotensi tsunami. Menurutnya pihak BMKG telah memberi peringatan dini kepada seluruh wilayah yang terdampak gempa termasuk Kota Tangsel.

“Kalau secara teori untuk tsunami sampai ke Tangerang itu sepertinya tidak akan terjadi, tapi kita liat nanti data updatnya,” kata Sutiyono kepada BantenNews.co.id di kantor BMKG Tangsel, Jumat (2/8/2019).

Sutiyono mengimbau kepada masyarakat di wilayah dengan status siaga agar memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi. Sementara untuk masyarakat di wilayah dengan status waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

“Saya harap masyarakat tidak terlalu panik dan jauhi pantai dan tepian sungai karena gempa ini berpotensi tsunami,” pungkasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ