Beranda Peristiwa Gempa 7 SR Guncang Lombok Utara, Berpotensi Tsunami

Gempa 7 SR Guncang Lombok Utara, Berpotensi Tsunami

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

LOMBOk – Gempa dengan kekuatan 7 skala Richter (SR) mengguncang Lombok Utara. Guncangan gempa terasa di seluruh Lombok. Gempa ini juga berpotensi tsunami.

“Ini pusat gempanya ada di bagian utara sana, tapi semua dirasakan seluruh Lombok sampai di Mataram cukup besar,” kata Kapolres Lombok Timur AKBP Eka Fathur Rahman saat dihubungi, Minggu (5/8/2018).

Eka mengatakan saat ini listrik di wilayahnya padam. Namun dia masih mengecek penyebab pemadaman listrik itu.

“Sekarang listrik pada mati, antisipasi ini apakah ada yang tumbang sehingga dimatikan. Saat ini banyak orang di luar-luar rumah,” ucapnya.

Sebelumnya gempa disebut berkekuatan 6,8 SR, tetapi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperbarui informasi bahwa gempa tersebut berkekuatan 7 SR. Gempa tersebut terjadi pada Minggu (5/8) pukul 18.46 WIB. Gempa terjadi di kedalaman 10 km.

Lokasi gempa berada pada titik 8.25 LS, 116.49 BT, atau sekitar 27 km Timur Laut Lombok Utara, NTB.

“Berpotensi terjadi tsunami,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis kepada wartawan.

Sutopo juga menyebutkan, gelombang tsunami yang tiba bisa saja berbeda-beda. “Gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar,” ujar Suotpo. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini