Beranda Peristiwa Gempa 5,2 Richter Mengguncang Kabupaten Pandeglang

Gempa 5,2 Richter Mengguncang Kabupaten Pandeglang

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

 

PANDEGLANG – Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter terjadi sekitar pukul 04.11.17 Wib di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa bumi tektonik.

Hasil pemutakhiran analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5.2 Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6.92 LS dan 105.00 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 140 km arah barat daya Kabupaten Pandeglang-Banten Propinsi Banten pada kedalaman 10 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Samudera Hindia ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik(thrust fault),” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Jakarta Rahmat Triyono melalui siaran pers yang diterima Bantennews.co.id, Selasa (30/10/2018).

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dapat dirasakan di daerah Malingping, Binuangeun, Ciptagelar, Wanasalam, Kerta, dan Cimandiri Laut III MMI, sedangkan di daerah Ciputat dirasakan dengan intensitas II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 04.35 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini