Beranda Peristiwa Gempa 4 SR Guncang Pandeglang, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa 4 SR Guncang Pandeglang, Tak Berpotensi Tsunami

Screenshot @infobmkg

 

PANDEGLANG – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Pandeglang dengan kekuatan magnitudo 4 Skala Richter, Kamis (28/2/2019). Gempa ini tak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa terjadi pada pada pukul 07:54:25 WIB. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.35 LS dan 105.33 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 95 Km BaratDaya Pandeglang, Provinsi Banten pada kedalaman 11 km.

Demikian siaran pers yang diterima BantenNews.co.id dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa tersebut, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi,” ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Serang, Tarjono.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Labuan III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 08:20 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan terjadi satu gempa bumi susulan,” terangnya.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini