Beranda Peristiwa Gelar Razia, Dishub Banten Klaim Kesadaran Masyarakat Meningkat

Gelar Razia, Dishub Banten Klaim Kesadaran Masyarakat Meningkat

Petugas Dishub Banten saat melakukan razia. (Memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten mengklaim tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan dan uji kelayakan kendaraan dinilai sudah meningkat.

Hal itu disampaikan saat Dishub Provinsi Banten menggelar razia kendaraan bermotor di Jalan raya Pandeglang – Labuan tepatnya di Desa Cikoneng, Kecamatan Kaduhejo, Pandeglang.

Penyidik Dishub Provinsi Banten, Ujang Sukmajaya mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk menekan angka kecelakaan di jalan, pasalnya kebanyakan angka kecelakaan disebabkan dari kelayakan kendaraan dan human error.

Sasaran dari kegiatan ini selain kelengkapan surat-surat dan uji KIR diperiksa juga kelengkapan lain seperti segitiga pengaman. Selama 2 hari melakukan razia setidaknya ada 47 kendaraan yang diberikan sanksi tilang.

“Kendaraan yang kami tindak hari ini ada 26 kendaraan yang KIR-nya mati, setelah kami evaluasi Alhamdulillah kesadaran masyarakat sudah tinggi karena pada saat diperiksa kebanyakan sudah taat pajak dan sudah diuji KIR,” jelas Ujang disela-sela kegiatan, Selasa (9/7/2019).

Sementara itu, Kanit Turjawali Satlantas Polres Pandeglang Ipda Darwin Khairul Suafari menyampaikan, selain mendampingi Dishub Provinsi Banten, Polres Pandeglang juga melakukan pemeriksaan kendaraan dan didapatkan 20 tidak mematuhi aturan.

“Untuk kendaraan roda dua kami juga melakukan pemeriksaan dan rata-rata tidak memiliki SIM serta kesadaran untuk membayar pajak. Ini hari yang kedua dan mungkin ada 2 hari lagi untuk giat,” tambah Darwin. (Med/Red)