Beranda Pilkada Serentak 2020 Gelar Paripurna Perdana, Dewan Baru di Cilegon Kebut Pembentukan Tatib

Gelar Paripurna Perdana, Dewan Baru di Cilegon Kebut Pembentukan Tatib

310
0
Paripurna pembentukan fraksi DPRD Cilegon. (Foto : Gilang)

CILEGON – DPRD Cilegon periode 2019-2024 menggelar rapat paripurna perdana dengan agenda pengumuman Pembentukan Fraksi-fraksi DPRD Kota Cilegon, Rabu (11/9/2019). Rapat tersebut sekaligus mengumumkan susunan kepengurusan fraksi berdasarkan surat keputusan yang diajukan oleh delapan fraksi partai politik dan gabungan di parlemen.

“Jelas kami sangat terbantu dengan sudah terbentuknya fraksi ini, agar seluruh tahapan berjalan. Mulai dari penyusunan tatib (Tata Tertib DPRD) dulu, baru menyusul kemudian alat kelengkapan,” ungkap Ketua Sementara DPRD Cilegon, Endang Effendi.

Untuk penyusunan tatib tersebut, Endang meyakini seluruh pimpinan fraksi akan bersepakat agar hal itu akan disegerakan melalui pembentukan panitia khusus (pansus). “Saya kira seluruh ketua atau pimpinan fraksi sepakat agar secepat-cepatnya (tatib diselesaikan-red),” jelas politisi partai Golkar ini.

Sementara itu, Babay Suhemi selaku Ketua Fraksi Gerindra yang baru diumumkan dalam kesempatan itu mengaku akan mengajukan internal fraksinya untuk mengawal proses disusunnya tatib. “Kita bersepakat untuk mengajukan Pak Hasbi Sidik, sebagai ketua pansus, karena pengalaman beliau ya. Agar teman-teman yang baru bisa menjadikan ini (penyusunan tatib) sebagai pembelajaran untuk mereka,” katanya.

Babay juga menyoroti konten tatib sebelumnya yang menurutnya perlu adanya penyesuaian pada periode parlemen kali ini. “Di tatib itu menurut saya ada beberapa yang perlu diubah. Salah satunya tingkat kehadiran anggota di paripurna, kalau sebelumnya itu sampai 6 kali, bisa tidak diubah menjadi 3 kali, makanya nanti tinggal kita minta persetujuan teman-teman yang lain. Jadi sanksinya kalau 3 kali berturut-turut anggota dewan tidak hadir di paripurna, secara otomatis fraksi bisa mengambil sikap,” jelasnya. (dev/red)