Beranda Hukum Gelar Kampanye Keselamatan, Satlantas Pandeglang Bagikan Beragam Hadiah

Gelar Kampanye Keselamatan, Satlantas Pandeglang Bagikan Beragam Hadiah

Kampanye penggunaan helm dan tertib berlalu lintas. (Memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pandeglang menggelar kampanye keselamatan berlalulintas di Alun-alun Pandeglang dan Terminal Bus Kadubanen, Sabtu (8/2/2020).

Selain memberikan imbauan, Satlantas juga memberikan sejumlah hadiah hiburan kepada pengendara.

Kasat Lantas Polres Pandeglang, Iptu Riska Tri Arditia mengatakan, sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat lebih tertib saat berlalulintas. Pasalnya, banyak kecelakaan yang terjadi di Pandeglang disebabkan karena human error.

Kata dia, selain melakukan kampanye langsung pada para pengendara, satuan unit Dikyasa dari Satlantas Polres Pandeglang selama ini juga terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya keselamatan berkendara ke sekolah-sekolah dan pesantren.

“Alasan kami melakukan sosialisasi karena pada bulan Januari banyak sekali kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia, faktor yang menyebabkan meninggal dunia karena human error,” kata Riska saat ditemui di lokasi kegiatan.

Di tempat yang sama, Petugas Jasa Raharja Samsat Pandeglang, Nurochman menyampaikan, dari catatan yang ada di Jasa Raharja setidaknya pada 2019 kemarin ada sekitar 100 klaim untuk korban meninggal dunia dan 200 klaim untuk korban luka-luka.

“Pada Januari tahun ini sudah ada 4 klaim untuk yang meninggal dunia dan kami berikan santunan sebesar Rp50 juta untuk korban meninggal dunia dan Rp20 juta untuk jaminan biaya rumah sakit,” jelasnya.

Sedangkan untuk mekanisme mengklaim Jasa Raharja yakni dengan terlebih dahulu melaporkan kejadiannya ke petugas kepolisian, selanjutnya dari laporan polisi tadi Jasa Raharja akan memberikan beberapa persyaratan tambahan kepada keluarga korban untuk dilengkapi.

“Nantinya, dana tersebut langsung diberikan kepada ahli waris yang sah melalui rekening yang bersangkutan,” tutupnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini