Beranda Kesehatan Gedung Dharma Wanita Kabupaten Serang Jadi Tempat Perawatan Pasien Covid-19

Gedung Dharma Wanita Kabupaten Serang Jadi Tempat Perawatan Pasien Covid-19

Penandatanganan perjanjian peminjaman gedung. (Nindi/bantennews)

KAB. SERANG – Melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten dan Kota Serang membuat rumah sakit penuh. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pun berupaya untuk meminjamkan Gedung Dharma Wanita Kabupaten Serang kepada RS Kencana Serang untuk perawatan pasien Covid-19. Gedung tersebut sebelumnya merupakan Rumah Dinas (Rumdin) Sekretaris Daerah (Sekda).

Wakil Bupati (Wabup) Serang, Pandji Tirtayasa mengatakan ruangan di RS Kencana Serang sudah tidak memadai lagi untuk menampung pasien Covid-19.

“Pinjam pakai sementara selama pandemi karena lonjakan pasien luar biasa. Ruang yang tersedia (di RS Kencana Serang) sudah tidak memadai lagi. Makanya diminta pinjam pakai sampai Desember 2021,” ujar Pandji usai melakukan Penandatanganan Perjanjian Pinjam Pakai Gedung Dharma Wanita di Ruang Rapat Brigjen KH Syam’un, Rabu (21/7/2021).

Sebelumnya Pemkab Serang menawarkan untuk meminjamkan gedung Korpri kepada RS Kencana Serang namun secara teknis penggunaan Gedung Dharma Wanita akan lebih mudah. Peminjaman Gedung Dharma Wanita tersebut akan dimulai pada 26 Juli sampai 31 Desember 2021. Namun masa perpinjaman dapat diperpanjang jika kondisi belum membaik.

“Kalau Desember belum berubah, bisa diperpanjang,” kata Pandji.

Sementara itu, Kepala RS Kencana Serang, Mayor CKM dr Muchlas Fahmi mengatakan saat ini jumlah tempat tidur yang terisi adalah 65 tempat tidur dari 71 tempat tidur yang ada.

“Kami sangat membutuhkan sekali gedung yang berdekatan dengan rumah sakit agar semua bisa terkendali dan mungkin daya tampung untuk masyarakat banyak kita akan rawat. Bed kami 71, bed yang sekarang sudah terisi 65 bed. Yang masih sisa velbed,” ujarnya.

Dikarenakan jumlah tempat tidur yang tersisa semakin menipis dan tidak adanya ruangan untuk menampung pasien Covid-19, pihak RS Kencana Serang membutuhkan gedung untuk menampung para pasien.

Gedung Dharma Wanita yang dipinjamkan tersebut dirinci memiliki kapasitas untuk sekitar 30 tempat tidur.

“Sudah kami tinjau bisa nampung sekitar 30 bed dan ruangan terpisah, ini akan menguntungkan semua pihak terutama tenaga kesehatan terhindar dari penularan karena pasien akan terisolasi lebih enak,” katanya.

Hadir dalam acara, Kepala RS Kencana Mayor CKM dr Muchlas Fahmi, DandenKesyah Serang Letkol dr Dedi Herlambang, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Suhardono, Asisten Daerah I Nanang Supriatna, Asisten Daerah III Ida Nuraida, Inspektur Rahmat Jaya, Kepala Dinas Kesehatan Agus Sukmayadi, Dirut RSDP Rahmat Setiadi, Kepala BKPSDM Muhamad Abdul Ishak Abdul Raup, Kepala DKBP3A Tarkul Wasyit, dan Plt Sekretaris Diskominfosatik Hartono.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini