Beranda Komunitas Gandeng Wali Band, UPZ Baznas Pemprov Banten Rehabilitasi 20 Musala

Gandeng Wali Band, UPZ Baznas Pemprov Banten Rehabilitasi 20 Musala

637
0
Pengurus UPZ Baznas Pemprov Banten dan seluruh personil Wali Band (Apoy, Faank, Tomi, dan Ovie) beserta Tim Wali Care berfoto Bersama usai acara “Silaturahmi UPZ Baznas Pemprov Banten – Wali Care dan Penandatangan Prasasti Program Seratus Mushola Indah", pada hari Rabu, 5 Agustus 2020, di Jakarta.

SERANG – Pada tahun 2019, sebanyak 10 mushola di wilayah Banten telah direhabilitasi menjadi Mushola Indah oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bekerja sama dengan Wali Care (Lembaga Dakwah dan Sosial Kemanusiaan milik Wali Band). Rehabilitasi musala tersebut merupakan program yang diinisiasi oleh Wali Care sejak tahun 2016 dengan nama “100 (Seratus) Mushola Indah”.

“Alhamdulillah pada tahun 2019 lalu UPZ Baznas Pemprov Banten telah menyalurkan zakat ASN melalui Program 100 Mushola Indah dan sudah 10 mushola yang selesai direhabilitasi. Insya Allah, UPZ Baznas Pemprov Banten dan Wali Care akan melanjutkan Program 100 Mushola Indah dengan merehabilitasi sebanyak 10 mushola lagi di tahun 2020. Sehingga total menjadi 20 Mushola Indah yang akan direhabilitasi selama 2019-2020,” ujar Toton Suriawinata, Ketua UPZ Baznas Pemprov Banten sekaligus sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Banten.

Informasi tersebut disampaikan oleh Toton dalam acara “Silaturahmi UPZ Baznas Pemprov Banten – Wali Care dan Penandatangan Prasasti Program Seratus Mushola Indah”, pada hari Rabu, 5 Agustus 2020, di Jakarta.





Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh personel Wali Band (Apoy, Faank, Tomi, Ovie) dan Pengurus Wali Care, sedangkan pihak UPZ Baznas Pemprov Banten diwakili oleh Toton Suriawinata (Ketua), Irwan Setiawan (Sekretaris), dan Rona Apriyana (Bendahara).

Toton juga menuturkan bahwa sumber dana rehabilitasi 20 musala tersebut diambil dari alokasi pengelolaan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Banten yang dikumpulkan oleh UPZ Baznas Pemprov Banten.

Adapun nama dan lokasi sepuluh musala yang telah selesai direhabilitasi pada Desember 2019 adalah: Al-Istiqomah (Petir, Serang), Nurul Iman (Sukaresmi, Pandeglang), Al-Barokah (Wanasalam, Lebak), Darul Muttaqien (Wanasalam, Lebak), Al-Harokah (Cimarga, Lebak), Al-Huda (Leuwidamar, Lebak), At-Taqwa (Kalanganyar, Lebak), Ar-Rahman (Panongan, Tangerang), Al-Iman (Mauk, Tangerang), dan Al-Mujtahid (Legok, Tangerang).

Apoy, Gitaris Wali Band sekaligus Pemimpin Wali Care mengungkapkan rasa terima kasih kepada UPZ Baznas Pemprov Banten yang telah menyalurkan zakat ASN Pemprov Banten dalam mendukung Program 100 Mushola Indah di wilayah Banten.

“Kami atas nama Wali Band dan juga Wali Care menghaturkan terima kasih kepada UPZ Baznas Pemprov Banten yang mempercayakan sebagian dana zakat ASN untuk dikelola Wali Care dalam merehabilitasi 20 mushola di Banten melalui kerjasama Program 100 Mushola Indah,” ungkap Apoy,.

“Secara khusus kami juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Banten, Bapak Wahidin Halim beserta jajarannya yang telah mendukung sekaligus menjembatani Wali Care untuk dapat bekerjasama dengan UPZ Baznas Pemprov Banten.”

Wali Care dan UPZ Baznas Pemprov Banten secara resmi bekerja sama sebagai satu tim kerja dalam “Program Seratus Mushola Indah di Banten” sejak bulan Oktober 2019 melalui Penandatanganan Kesepakatan Kerja sama dan Pembentukan Tim Kerja di Masjid Raya Al-Bantani, Serang, Banten.

“Kami mulai bergerak menyalurkan dana rehabilitasi kepada sepuluh mushola yang sudah kami pilih sesuai kriteria Program Seratus Mushola Indah pada bulan November 2019 dan akhir bulan Desember 2019 semua mushola sudah selesai direhabilitasi. Rencananya pada mulai bulan Januari 2020 akan ada peresmian kesepuluh mushola tersebut secara berkala yang akan dihadiri seluruh personil Wali Band, pihak Baznas Provinsi Banten dan UPZ Pemprov Banten,” ujar Faank Vokalis Wali Band.

“Akan tetapi karena terjadinya wabah pandemik Covid 19, maka peresmian Mushola belum bisa dilaksanakan. Meskipun demikian, Alhamdulillah sepuluh mushola tersebut sudah digunakan untuk beribadah oleh masyarakat setempat. Semoga wabah Corona ini segera berakhir dan kita dapat melanjutkan program seratus Mushola Indah. Amin.”

Sekretaris Jenderal Wali Care, Andikey Kristianto, menginformasikan bahwa lanjutan sepuluh musala yang akan direhabilitasi di tahun 2020 akan dimulai setelah Provinsi Banten dinyatakan sebagai Daerah Zona Hijau untuk segala aktivitas publik. (Red)