Beranda Pemerintahan Galakkan 4 Pilar, MPR RI dan Para Kepala Daerah Jalin MoU

Galakkan 4 Pilar, MPR RI dan Para Kepala Daerah Jalin MoU

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesi (APKASI) jalin nota kesepahaman terkait pelaksanaan 4 Pilar

KAB. TANGERANG – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesi (APKASI) jalin nota kesepahaman terkait pelaksanaan 4 Pilar.

Nota kesepahamaan atau Memorandum of Understanding (MoU) itu terlaksana di Lantai 9 Gedung MPR RI Nusantara III Senayan Jakarta, yang dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua APKASI Azwar Anas, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Bogor Ade Yasin dan diikuti oleh Bupati Se Indonesia, acara tersebut dikemas dengan sosialisasi 4 Pilar MPR RI, melalui virtual video conference, Rabu (8/7/2020).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sebagai pembicara pada acara tersebut memaparkan 4 pilar MPR RI dulunya merupakan 4 pilar kebangsaan, kendati ada putusan yang dilarang menggunakan pilar kebangsaan maka di rubah menjadi 4 Pilar MPR RI.

Menurut dia, acara sosialisasi 4 pilar harus terus digalakkan dan ditingkatkan bahkan hingga ke daerah-daerah pelosok desa.

Dirinya mengaku jika MPR RI konsisten membangun karakter bangsa melalui permasyarakatan empat pilar MPR RI kepada seluruh elemen bangsa.

“Jadi empat pilar itu bisa disingkat menjadi PBNU (Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan Undang-Undang Dasar 45), dan semoga MoU antar APKASI dan MPR Bisa membuat 4 pilar semakin didengungkan hingga ke daerah,” kata Bambang.

Bambang berharap para kepala daerah seluruh Indonesia yang tergabung dalam APKASI dapat lebih berperan aktif menyampaikan narasi kebangsaan yang berisikan nilai-nilai luhur kebangsaan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Sementara itu Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di sela-sela acara tersebut mengatakan sosialisasi 4 Pilar MPR RI saat ini harus terus digalakkan di tengah masyarakat terutama pada generasi muda untuk ditanamkan nilai nilai kebangsaannya.

“Saya harap sosialisasi 4 pilar MPR ke depan harus terus digalakkan terutama pada generasi milenial, jangan sampai mereka tergerus oleh perkembangan zaman, terlebih dengan adanya MoU antara APKASI dan MPR,” ucap Zaki yang juga sebagai Ketua Hubungan Antar Lembaga APKASI di ruang rapat MPR RI Jakarta.

Di tempat yang sama, Ketua APKASI yang juga selaku Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengatakan, pemerintahan daerah bersama pimpinan MPR RI menyosialisasikan empat pilar tentu dengan cara-cara dan model-model baru, menurutnya itu adalah terobosan baru yang mesti dikerjakan dengan cara-cara baru untuk menggali dan berubah cara lama seperti masuk dengan instrumen-instrumen baru dan dengan teknologi.

“Karena itu mudah-mudahan MPR bisa terus bersama-sama dengan APKASI, bagaimana 4 pilar MPR RI bisa sampai ke anak-anak yang mencerahkan dan kekinian, harapan kami dengan adanya sosialisasi ini kami para Bupati bisa mendapatkan pandangan dan cara baru pemahaman empat pilar bisa sampai ke anak-anak dan generasi-generasi muda,” ungkapnya.

(Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ